Jumat, 05 Mei 2017

BAGAIMANA CARA MERINTIS BISNIS HANDUK?




Untuk merintis bisnis handuk, hal utama yang harus Anda perhatikan yaitu bahwa pasarnya sangat luas:
1)  Setiap orang minimal menggunakan 2 handuk untuk mandi, satu handuk yang dipakai dan satunya lagi sebagai pengganti ketika handuk yang lainnya dicuci.
2)  Setiap rumah menggunakan beberapa jenis handuk sekaligus untuk: mandi, cuci tangan, lap, dll.
3)  Penjualan handuk dapat dilakukan secara retail/eceran ke konsumen langsung di sekitar perumahan maupun penjualan partai ke:
·       Agen (reseller)
·       Hotel
·       Rumah Sakit
·       Rumah Makan / Kantin / Cafe
·       Salon & Spa
·       Tempat Fitness
·       Toko Olah Raga / Supplier Kado
·       Instansi / Perusahaan
·       Jasa Cleaning Service, dan lain-lain


Dari gambaran Target Market tersebut di atas, maka kita dapat melakukan pemasaran produk handuk dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1)  Menentukan Harga Jual Handuk (sesuai keuntungan yang diharapkan), seperti harga penjualan untuk eceran ke Konsumen, Agen, dan Instansi/Perusahaan (partai). Dalam hal ini yang harus kita ingat adalah harga yang kompetitif, sehingga produk yang kita jual dapat bersaing di pasaran.
2)  Membuat SPANDUK yang menarik untuk dipasang di depan rumah, sehingga efektif dalam menjaring Calon Konsumen dan Agen. CONTOH SPANDUK:







3)  Membuat BROSUR yang berisi informasi produk beserta berbagai keunggulannya untuk dibagikan kepada para Calon Konsumen dan Agen maupun Instansi/Perusahaan, baik secara langsung maupun melalui Medsos (BBM, Facebook, Instagram, Twitter, WA, dll). CONTOH BROSUR (halaman depan dan belakang:





4)  Menyusun Sistem Penjualan dan Program Promosi yang menarik, dan tentunya harus menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat dalam bisnis yang sedang kita rintis. Dengan cara seperti ini kita boleh menjamin kemajuan dan perkembangan bisnis seperti yang diharapkan.
5)  Menentukan Target Penjualan Harian, Mingguan, maupun Bulanan. Hal ini sangat penting sehubungan dengan berapa penghasilan yang kita harapkan dari bisnis handuk ini dalam periode satu bulan misalnya.
6)  Membangun Tim Bisnis yang solid, seperti merekrut Agen yang potensial atau Salesman lapangan yang baik seiring dengan kemajuan dan perkembangan bisnisnya.







    Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
PT. Berkat Akur Nanjaya

HP: 08112332777
WA/Line: 081919132777
Twitter: @johanesbudi_w
Website: https://www.berkatakurnanjaya.com/