Sabtu, 05 Maret 2016

PERSIAPKAN DANA PENSIUN ANDA




Bagi sebagian orang, menjelang masa pensiun dianggap memasuki masa kritis. Oleh karena itu, selagi Anda di usia produktif, ada baiknya sejak dini memulai persiapan masa pensiun. Persiapan pensiun ini bisa dimulai sejak usia Anda menginjak 30 tahun.
Berikut ini beberapa cara untuk mempersiapkan pensiun, yang bisa dipilih sesuai dengan karakter dan kebutuhan Anda, di antaranya adalah:

MERINTIS BISNIS PRIBADI
Ini bisa menjadi pilihan investasi untuk masa pensiun Anda, karena merintis bisnis pribadi bisa menjanjikan keuntungan. Namun, dibutuhkan persiapan yang matang. Seperti modal usaha yang kuat, bagaimana mendapatkan modal usaha tersebut, persiapan tenaga dan waktu yang cukup, serta keahlian Anda.
Dengan membuka bisnis juga berarti berani menghadapi berbagai risiko yang mungkin terjadi di depan. Misalnya, risiko kerugian atau tambahan kapasitas modal usaha. Selain itu, persiapan mental juga hal yang penting, misalnya saja kesabaran, keuletan, tekun, dan komitmen yang kuat.
Baca: TIPS UNTUK MEMULAI BISNIS

MENABUNG DENGAN RUTIN
Masih ingat Lagu Menabung karya ciptaan Titiek Puspa? liriknya, bang bing bung yok kita nabung, tang ting tung hey tau tau kita nanti dapat untung. Dari kecil kita sudah diajarkan menabung oleh orangtua dan juga seperti lagu-lagu anak seperti ini. Menabung, ini juga bisa dijadikan cara untuk mempersiapkan masa pensiun. Namun, ada dua hal yang harus diingat, pertama; nilai dana yang ditabung biasanya tidak sebanding dengan nilai kebutuhan di masa mendatang. kedua; nilai uang di tabungan dikenai pajak dan biaya administrasi.
Pilihan cara ini sangat tepat apabila Anda orang yang disiplin dalam menabung atau bijak dalam menggunakan uang. Apabila Anda bukan orang yang disiplin dalam menabung, maka hiraukan cara ini, pilih cara lain.

INVESTASI
Cara ini sudah menjadi hal umum di masyarakat, yaitu berinvestasi. Jika Anda memilih cara ini, Anda harus memahami instrumen investasi yang dipilih agar sesuai dengan karakter Anda. Ada banyak instrumen yang bisa Anda pilih, misalnya; saham, obligasi, reksa dana, dan sebagainya. Anda juga harus memahami betul mengenai investasi tersebut, karena setiap instrumen investasi memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda.

ASURANSI
Sama dengan investasi, asuransi juga memiliki banyak varian produk. Beberapa produk asuransi bahkan ada juga yang disertai dengan investasi. Jika Anda memilih cara ini, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh asuransi, misalnya rencana atau target dana yang Anda inginkan akan tetap dapat atau tercapai, meskipun terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Cara-cara di atas hanyalah beberapa pilihan yang bisa Anda pilih, yang jelas mengenai masalah pensiun dan bagaimana agar masa pensiun Anda berhasil diraih dengan aman dan nyaman, itu semuanya ada di tangan Anda. Yang diperlukan adalah ilmu mempersiapkan yang matang sebelum Anda terjun mempersiapkannya, kami membantu Anda untuk memberikan pilihan mempersiapkan masa pensiun.





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w