Rabu, 09 Maret 2016

JADIKANLAH HIDUP INI PENUH MAKNA




UNTUK KITA RENUNGKAN...

Tidak ada agama atau kepercayaan yang melarang kita untuk mencapai kehidupan yang tertinggi dan meraih kesuksesan, untuk menjadi seorang pemenang, menjadi juara!


Kepada setiap manusia ciptaanNya, Tuhan memberikan kelebihan yang tidak dimiliki oleh mahluk lain, yaitu kebebasan untuk memilih jalan hidupnya. Menentukan hidupnya ingin seperti apa dan mau menjalani kehidupan yang bagaimana? Apakah secara positif atau yang negatif, yang mana masing-masing pilihan itu ada resiko dan konsekuensinya sendiri-sendiri...


Salahkah jika kita ingin kaya raya?

Namun setelah kaya, apa yang akan kita lakukan dengan kekayaan itu?

Salahkah jika kita ingin punya jabatan atau kedudukan tinggi?

Namun setelah mempunyai jabatan atau kedudukan yang tinggi, apa yang akan kita lakukan dengan jabatan atau kedudukan itu?

Salahkah jika kita ingin menjadi pintar?

Namun setelah memiliki ilmu dan pengalaman, apa yang akan kita lakukan dengan ilmu dan pengalaman itu?

Salahkah jika kita ingin menjadi orang yang terkenal?

Namun setelah terkenal, apa yang akan kita lakukan dengan popularitas itu?

Jika semua hal tersebut di atas sudah kita raih, hanya untuk kepentingan diri sendiri, keluarga, dan kelompok atau golongan sendiri saja, apakah itu punya makna lebih?


Atau jika kita menjalani rutinitas kehidupan, secara monoton, dan biasa-biasa saja. Apakah itu tujuan dari penciptaan diri kita?

Apakah Tuhan hanya kebetulan saja menciptakan diri kita tanpa maksud dan tujuan yang agung?

Siapapun diri Anda saat ini.

Bagaimanapun masa lalu Anda.
Dengan segala kelebihan dan kekurangan, bahkan dengan banyak keterbatasan sekalipun, kita pasti bisa berbagi hal positif, kebaikan, dan kebahagiaan dengan orang lain!
Semua dan segala hal dalam kehidupan yang sudah kita jalani dan miliki, kita bisa bermanfaat bagi orang lain, dan bisa membantu orang lain!
Bukan hanya harta, ilmu, jabatan, kekuasaan, dan popularitas saja yang bisa kita bagikan. Berjuang hidup secara positif dalam kemiskinan, pengalaman buruk yang merupakan aib, bahkan kejahatan masa lalu yang pernah kita lakukan, itu pun bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Untuk itu, kita harus dapat memahami secara utuh dan benar akan maksud dan tujuan dari penciptaan diri kita. Agar kita dapat menggunakan potensi diri untuk menjalani kehidupan yang penuh makna. Dengan berkarya yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Mampu menghasilkan kinerja yang dapat membantu orang lain.



Bagaimana agar kita dapat menjalani kehidupan dengan penuh makna?

Setiap individu tentu punya jawabannya sendiri-sendiri, berikut ini adalah beberapa tips:

SELALU INGAT AKAN TUHAN
  • Hidup adalah pemberian dari Tuhan Yang Maha Esa, dan Tuhan Yang Maha Kuasa juga berhak sepenuhnya untuk mengambilnya kembali. Tuhan Sang Sutradara Yang Maha Dahsyat pulalah yang mengatur takdir hidup kita.
  • Dalam situasi apapun dan dalam kondisi bagaimanapun, kita harus selalu bersyukur dan menjaga keseimbangan hidup dengan menjalani kehidupan yang di dalamnya ada sifat-sifat mulia Tuhan. Menjalani hidup dengan berusaha dan berkarya sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan. Menerima kehidupan dengan cara bersyukur, namun tidak pernah berhenti berusaha melalui usaha keras dan cerdas.
  • Dengan selalu ingan akan Tuhan, hidup kita pasti akan menjadi penuh makna...  Baca: SEMANGAT

MILIKI CINTA KASIH

  • Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Hukum ini adalah kasih yang tanpa syarat, bebas dari pamrih, dan tidak mementingkan diri sendiri.
  • Jika Anda lebih sering memikirkan diri sendiri dibandingkan orang lain? Misalnya, berpikir ingin pekerjaan lebih baik, penghasilan lebih tinggi, rumah lebih mewah, mobil lebih bagus, bisnis lebih besar, lebih kaya, lebih berkuasa, lebih terkenal dan keinginan-keinginan lainnya. Kalau hal itu yang selalu ada dalam pikiran kita, artinya kita lebih sering memikirkan diri sendiri. Kita hanya berpusat pada diri sendiri dan mementingkan diri sendiri.
  • Mulailah mengubah pemahaman hidup ini dengan lebih banyak memikirkan orang lain. Misalnya, memikirkan bagaimana membantu anak-anak yatim, membantu orang tua jompo, membantu orang miskin, memikirkan pekerjaan bagi pengangguran, membantu orang tak berdaya. Jika demikian, itu artinya kita sudah mulai memikirikan orang lain. Inilah yang akan membawa kita lebih dekat dengan kebahagiaan hidup yang paling hakiki, menjadikan hidup kita penuh makna...  Baca: KASIH DAN PEDULI


MILIKI MENTAL DAN SIKAP POSITIF
  • Terus mengejar kekayaan, kekuasaan, dan popularitas tidak pernah ada batasnya. Apalagi jika dengan kekayaan, kekuasaan, dan popularitas yang kita miliki itu tidak mampu kita manfaatkan demi untuk kebaikan banyak orang.
  • Dengan memiliki mental dan sikap positif kita bisa berkarya dan melakukan pekerjaan yang positif. Mengisi kehidupan kita agar bisa bermanfaat dan membantu orang lain adalah pekerjaan positif dan melepaskan energi positif kepada orang lain.
  • Melepaskan energi positif dapat dilakukan dengan cara berbagi semangat, berbagi ide dan solusi dengan orang lain, berbagi pemikiran positif. Semakin banyak kita melakukan pekerjaan positif, semakin banyak melepaskan energi positif dan semakin banyak yang akan kembali dalam kehidupan kita, sehingga hidup kita menjadi lebih bermakna...  Baca: SIKAP MENTAL POSITIF

MILIKI VISI DAN MISI
  • Hanya orang yang mempunyai visi dan misi hidup yang jelas bisa menentukan arah hidupnya. Hal ini dibutuhkan agar kita tidak hanya menjalani rutinitas hidup, monoton dan biasa-biasa saja tanpa tujuan yang jelas.
  • Visi dan misi hidup ini membuat orang menjadi yakin dan percaya diri, dan ini merupakan kekuatan bagi seseorang yang sangat luar biasa. Dengan keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi seseorang bisa menciptakan prestasi, apa yang tidak mungkin menjadi mungkin.
  • Dengan berkarya dan berprestasi, hidup kita menjadi lebih bermakna...  Baca: APA ITU VISI?

BERBAGI KEBAIKAN DAN KEBAHAGIAAN
  • Semua bentuk keberhasilan yang sudah kita capai dan segala macam kesuksesan yang sudah kita raih, tidak akan ada artinya tanpa membagikan kebaikan dan kebahagiaan itu dengan orang lain. 
  • Bersikap empati kepada orang lain adalah salah satu cara menghargai hidup kita. Bersikap empati berarti mudah mengerti orang lain, memahami situasi dan kondisi orang lain secara emosional dan intelektual. Artinya, kita menggunakaan ketajaman mata hati kita untuk memperhatikan kebutuhan orang lain, berusaha melihat kesulitan orang lain.
  • Dengan menumbuhkan pemahaman dan perasaan dari dalam jiwa kita. Menanamkan tekad dari dalam hati kita untuk mengutamakan kepentingan orang lain. Memiliki kerendahan hati, kesediaan berbagi kebaikan dan kebahagiaan dengan orang lain secara tulus dan bijaksana, hal itu akan membuat hidup kita lebih bermakna... Baca: JADILAH ORANG BAIK DAN TERUSLAH BERBUAT BAIK!





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan