Rabu, 25 November 2015

BERHUTANG PADA KEHIDUPAN




“Di dunia ini bukanlah apa yang kita perjuangkan, melainkan apa yang bisa kita berikan yang membuat kita kaya. Mereka yang tidak suka memberi akan selalu merasa kekurangan.”

Albert Einstein berkata, “Saya mengingatkan diri saya ratusan kali dalam sehari bahwa hidup yang saya punya di dalam dan di luar diri saya adalah karena usaha orang lain yang masih hidup atau sudah meninggal. Dan karena itu, saya harus mengembangkan diri supaya saya bisa memberi sebanyak yang saya terima.”

Jika merenungkan kata-kata di atas, kita akan menemukan bahwa kita sudah berhutang kepada banyak orang, bahkan kepada Tuhan. Kita berhutang kepada orang tua yang sudah melahirkan, mendidik, dan membesarkan kita. Kita berhutang kepada guru-guru yang telah memberikan ilmu dan pola pikir yang benar. Kita berhutang kepada para pembimbing rohani yang mengajari tentang inti hidup dengan melatih karakter.

Kita berhutang kepada atasan yang telah memberikan ‘training & coaching’ untuk mengembangkan diri. Kepada perusahaan (dan pemilik perusahaan) yang telah memberi kita kesempatan kerja dan berkarya. Dan yang pasti, kita berhutang kepada Tuhan yang telah menganugerahkan telenta dan kemampuan kepada kita untuk menjalani kehidupan yang bermakna.

Jadi, marilah kita miliki prinsip seperti ini, bahwa apa yang kita terima harus kita teruskan pada orang lain. Pengetahuan yang kita miliki tidak boleh tetap terpenjara dalam benak kita. Berkah Tuhan, tak boleh tertahan di tangan kita. Sebaliknya, kita harus menjadi saluran berkat Tuhan. Mengapa? Karena apa yang kita simpan untuk diri kita sendiri akan lenyap, tetapi apa yang kita berikan pada orang lain akan kita miliki selamanya. Bukankah demikian?

Oleh karena itu, berbagilah hal positif, kebaikan, dan kebahagiaan dengan orang lain… Apapun bentuknya dan bagaimanapun caranya?

Untuk dapat menjalani kehidupan yang lebih baik, indah, dan menarik!







Salam Sejahtera & Sukses Selalu!

Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan