Sabtu, 08 Agustus 2015

APA ITU KECERDASAN EMOSIONAL?




Selama ini emosi diasosiasikan dengan sesuatu yang kurang baik. Apalagi jika dikaitkan dengan “emosional”. Padahal, sebenarnya jika dikelola dengan baik, emosi bisa menjadi sesuatu yang sangat positif bagi kehidupan kita.
Emosi yang sehat mendukung perilaku yang sehat pula. Perilaku yang sehat pada akhirnya akan menuntun kita kepada jiwa dan watak pemenang.
Bagaimana Anda memiliki kecerdasan emosi dan memanfaatkannya sebagai mesin pendorong untuk meraih kesuksesan…
Untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, indah, dan menarik!


Perhatikan cerita singkat berikut ini:
Alkisah, di Jepang ada samurai yang suka bertarung. Samurai ini menantang seorang guru Zen untuk menjelaskan konsep surga dan neraka. Tetapi, pendeta itu menjawab dengan nada menghina, “Kau hanyalah orang bodoh, aku tidak mau menyia-nyiakan waktuku untuk orang seperti kamu!”
Merasa harga dirinya direndahkan, samurai itu naik darah. Sambil menghunus pedangnya ia berteriak, “Aku dapat membunuhmu karena kekurangajaranmu itu!”
“Nah,” jawab pendeta itu dengan tenang, “Itulah neraka.”
Takjub melihat kebenaran yang ditujukan oleh sang guru akan amarah yang menguasai dirinya, samurai itu menjadi tenang, menyarungkan pedangnya, dan membungkuk sambil mengucapkan terima kasih kepada pendeta itu atas penjelasannya.
“Dan,” kata sang pendeta, “Itulah surga.”

Baca: BAGAIMANA CARA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL?


Perhatikan pula cerita singkat yang berikut ini:
Alkisah, ada seorang ulama melihat seorang pencuri sandal di masjid. Ia segera mengejar pencuri itu, dan akhirnya tertangkap basah. Dalam situasi seperti itu, ulama tersebut bisa saja mengumpat dan memaki-maki, bahkan memukuli si pencuri itu. Namun, ulama itu dapat mengendalikan emosinya dengan nalarnya.
Dengan suaranya yang tinggi ulama menghardik si pencuri:
“Saya tidak suka kamu mengambil sesuatu yang bukan milikmu, nista sekali! Sekarang kembalikan sandal itu ke masjid, dan ini uang buat kamu untuk membeli sandal baru. Berjanjilah, kamu tidak akan mengulanginya lagi.”


“Siapa pun bisa marah, marah itu mudah. Tetapi, marah pada orang yang tepat, dengan kadar yang sesuai, pada waktu yang tepat, demi tujuan yang benar, dan dengan cara yang baik, bukanlah hal yang mudah.”
(Aristoteles)

Baca: WINNER vs LOSER






Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan