Minggu, 14 Juni 2015

APA RAHASIA SUKSES DAN KAYA?




MITOS TENTANG KESUKSESAN DAN KEKAYAAN

Barangkali Anda pernah membaca atau mendengar tentang beragam dalih atau mitos yang melingkupi orang sukses dan orang kaya. Seluruh mitos itu menghalangi pencarian Anda untuk meraih sukses dan menemukan kebebasan finansial.


Berikut ini saya mencatat mitos-mitos yang paling umum dan paling merusak:

Mitos #1 ORANG-ORANG YANG SUKSES DAN KAYA ADALAH ORANG-ORANG YANG MEMANG BERBAKAT SUKSES DAN KAYA
Hal ini umumnya dipercaya oleh orang-orang yang tidak mempunyai tujuan hidup. Bisa juga oleh mereka yang tidak mengerti atau menyadari bakat dan kemampuan yang mereka miliki. Biasanya orang-orang ini menganggap orang lain lebih pandai atau lebih baik dibandingkan dengan mereka sendiri. Mereka akhirnya mengambil kesimpulan seperti itu, sebagai pembenaran dan kompensasi dari kurangnya usaha mereka sendiri untuk mengembangkan dan menggunakan bakat-bakat yang sebenarnya mereka miliki.
Padahal bakat atau kemampuan yang belum terasah dan penampilan tidak banyak pengaruhnya kepada kesuksesan atau tidaknya seseorang. Keinginan yang kuat justru jauh lebih penting daripada bakat.
Baca: APA IMPIAN HIDUP ANDA?

Mitos #2 ORANG-ORANG YANG SUKSES DAN KAYA ADALAH ORANG-ORANG YANG DIUNTUNGKAN OLEH KEADAAN
Banyak sekali orang yang mengajukan alasan-alasan seperti berikut ini: saya tidak berpendidikan atau kurang pendidikan, saya tidak punya modal atau kurang modalnya, saya tidak berpengalaman atau kurang pengalaman. Mereka menyatakan bahwa persaingan yang keras, masalah kekurangan, kegagalan yang pernah dialami dalam usaha yang terdahulu, atau berbagai alasan lainnya yang menyebabkan mereka gagal meraih sukses. Dengan alasan-alasan seperti itu mereka bahkan tidak mau mencoba untuk meraih sukses.
Jadi, jelaslah kalau impian dan keinginan itu cukup besar, masalah-masalah atau kendala-kendala yang ada itu tidak terlalu penting.
Baca: MODAL UTAMA UNTUK MERAIH SUKSES

Mitos #3 ORANG-ORANG YANG SUKSES DAN KAYA ADALAH ORANG-ORANG YANG BERUNTUNG
Ada orang-orang yang mengatakan bahwa banyak "celah" di dunia ini. Namun, mereka tidak mendapatkan celah itu. Mereka berkeyakinan Andaikan saja mereka berada pada waktu dan tempat yang tepat dan berhubungan dengan orang-orang yang tepat pula, maka mereka akan sukses.
Kesuksesan itu bukan lotere. Jadi, keberuntungan itu akan muncul jika kita mulai mengejar impian dengan segenap hati, pikiran, dan bekerja keras untuk mencapai impian. Impian yang tinggi, tujuan-tujuan yang mulia, dan sikap yang positif, serta nilai-nilai luhur bisa dimiliki oleh semua orang.
Baca: APA PERBEDAAN ORANG SUKSES vs ORANG GAGAL?

Mitos #4 - ORANG YANG SUKSES DAN KAYA ADALAH ORANG-ORANG YANG PANDAI MENIPU
Banyak sekali orang percaya bahwa orang sukses memperolah kekayaannya karena pandai menipu, mencuri, berbohong atau memanipulasi. Mereka tidak percaya bahwa orang-orang yang jujur dan pekerja keras bisa memperoleh sukses. Fakta-fakta yang ada sama sekali bertentangan dengan pemikiran seperti itu. Pada kenyataannya sebagian besar milyarder berasal dari keluarga pekerja keras. Mereka mulanya membuka usaha kecil, lalu mereka bekerja keras dan menabung setiap hari agar memiliki modal yang cukup untuk memperluas usahanya. Memang ada beberapa gelintir orang yang serakah dan ambisius, tetapi orang-orang seperti itu biasanya akhirnya mengalami kegagalan. Mereka bisa kaya raya untuk sementara waktu dari segi keuangan, tetapi biasanya kekayaan mereka tidak mencakup semua sendi kehidupan.
Padahal, ada sendi-sendi kehidupan yang lebih penting daripada uang.
Baca: BAGAIMANA KARAKTER DIRI ANDA?

Mitos #5 – BESARNYA PENGHASILAN ANDA DITENTUKAN OLEH SEBERAPA KERASNYA ANDA BEKERJA
Jika hal ini benar, para pekerja kerah putih, yang selama bertahun-tahun telah bekerja sangat keras, akan menjadi orang-orang yang paling sukses dan paling kaya di dunia. Namun tentu saja hal ini tidak benar. Mereka hanyalah kelas menengah yang membentuk serikat pekerja. Jika di masa muda Anda menyaksikan orang tua Anda pulang ke rumah dengan wajah yang lelah setelah menjalani jam kerja yang panjang, mungkin Anda tahu bahwa gaji mereka tidak setara dengan kerja keras mereka. Orang-orang yang bekerja “hanya” untuk uang sering memiliki utang karena mereka berupaya memanjakan diri dengan segala hal yang dapat mereka beli, sesuatu yang tidak mereka dapatkan ketika bekerja.
Baca: BAGAIMANA RUMUS PENGHASILAN ANDA?

Mitos #6 – DIBAYAR KARENA MELAKUKAN SESUATU YANG DINIKMATI BUKANLAH KERJA, SEHINGGA ANDA TIDAK BOLEH MEMINTA UPAH ATAS APA YANG ANDA NIKMATI
Cocokkan ini dengan para jutawan. Mereka mempunyai begitu banyak uang sehingga mereka tidak lagi bekerja. Tetapi mereka bekerja demi alasan lain. Tantangan, kepuasan, kepenuhan hidup, aktivitas, kegembiraan… dan semua itu berhubungan dengan cinta pada pekerjaan. Apabila mereka tidak menikmati pekerjaan tertentu, mereka akan mengerjakan hal lain yang membuat mereka lebih bergembira dan mampu mewujudkan impian mereka.
Faktanya, jika Anda tidak menikmati pekerjaan, Anda tak pernah menjadi sukses dan kaya! Namun menikmati pekerjaan tidak lantas berarti bahwa Anda tidak perlu digaji. Kenyataannya, inilah tujuan utama dari bekerja: beroleh upah untuk apa yang benar-benar dinikmati sehingga Anda seolah-olah merasa sedang tidak bekerja!
Baca: UNTUK APA KITA BEKERJA?

Mitos #7 – ANDA PERLU MENEMUKAN BISNIS YANG TEPAT AGAR DAPAT MENJADI KAYA
Apakah Anda berpikiran seperti itu? Ini berarti bahwa seluruh orang yang terlibat dalam bisnis yang sama adalah jutawan. Namun tentu saja hal ini tidak benar. Pada masing-masing bisnis ada pemenang dan ada pecundang; ada banyak pemenang, bahkan dalam bisnis yang tidak disukai (banyak orang) atau bisnis yang “mustahil” semisal menyapu jalanan, mengumpulkan sampah, bekerja di pabrik, memompa gas, menjual koran, dan lain-lain. Di sisi lain juga kerumunan “pecundang” dalam bisnis-bisnis semisal properti, manajemen, atau penjualan saham.
Baca: BISNIS TANPA MODAL? EMANG BISA?

Mitos #8 – ANDA MEMBUTUHKAN PENDIDIKAN YANG TEPAT UNTUK BISA MERAIH SUKSES DAN MENJADI KAYA
Apakah orang yang paling terpelajar adalah orang yang paling sukses dan kaya? Tidak! Dalam hal ini seorang guru besar akan menjadi orang terkaya di dunia. Coba Anda tanya seberapa besar gaji mereka. Kebenarannya sangat jauh dari hal itu. Orang yang paling kaya adalah mereka yang dapat mengubah pengetahuan (atau pendidikan) mereka menjadi uang, dengan cara yang paling mungkin. Mereka ini bisa saja orang yang sangat terpelajar (semisal para penemu, ilmuwan, dan lain-lain) atau orang paling bodoh. Orang yang tidak berpendidikan formal bukan berarti mempunyai kemampuan rendah dalam melakukan suatu pekerjaan atau tidak mampu membangun visi yang cukup kuat untuk menjadi orang yang sukses – mereka dapat dengan mudah menjadi ahli tanpa perlu menempuh pendidikan formal.
Baca: APA ITU VISI?

Mitos #9 – SAYA TERLALU TUA (ATAU MUDA)
Jika riwayat hidup orang-orang paling sukses di dunia disimak, akan terlihat bahwa hal semacam itu tidak benar. Di satu sisi ada sebagian dari mereka yang sudah kaya di usia muda (barangkali berkat bisnis saham), sedangkan yang lain baru merasakan kemakmuran di usia senja. Ray Krock, misalnya, sudah berusia lebih dari lima puluh tahun ketika pertama kali menjual dan mebuat McDonald.
Baca: 

Mitos #10 – KEBIASAAN MEMBUAT SESUATU MENJADI LEBIH MUDAH
Setiap tahun statistik menunjukkan peningkatan jumlah jutawan di dunia. Mengenang “masa lalu yang baik” hanya akan menimbulkan rasa nyaman dan pemaafan diri. Apabila Anda memandang ke sekeliling, Anda akan melihat ada orang-orang yang memiliki sikap yang sama mengenai “masa lalu yang baik” seperti masa kini mereka, namun sebenarnya mereka baru saja meraih kesuksesan. Dengan teknologi dan kemajuan, cetuskan gagasan-gagasan, keinginan, dan kebutuhan-kebutuhan baru sehingga tercipta lebih banyak peluang.
Baca: GAGASAN TANPA BATAS

Mitos #11 – SAYA TIDAK PUNYA CUKUP UANG UNTUK MEMULAI BISNIS
Ini tidak berbeda dengan model-model dalih atau “mitos” lainnya. Seperti yang lainnya, sangat jelas bahwa hal ini sama sekali tidak benar. Banyak orang yang sukses dan berhasil meraup keuntungan hanya dengan modal dengkul, hidup di apartemen atau menyulap rumah menjadi kantor namun kemudian berhasil mengembangkan kerajaan bisnis yang bernilai miliaran. Unsur terpenting dalam keberhasilan bukanlah memiliki uang banyak untuk memulai bisnis. Benar uang kerap membantu. Tetapi, sebagaimana mitos-mitos lain, uang bisa membantu namun tidak selalu dibutuhkan.
Baca: MODAL BISNIS BUKANLAH HANYA SEBATAS UANG!

Mitos #12 – SAYA AKAN MEMULAI BISNIS JIKA SAYA MENGETAHUI SELUK-BELUKNYA
Apakah Anda percaya bahwa suatu hari nanti Anda akan mengetahui segala sesuatu? Atau bahkan Anda akan mengetahui bahwa telah cukup “siap sekarang ini”? Semakin banyak Anda belajar, semakin Anda paham bahwa Anda masih perlu belajar lebih banyak. Sukses dan kaya merupakan proses yang dinamis. Perlu diketahui, jembatan pengetahuan tentang segala sesuatu ialah berusaha untuk mengetahi (praktek). Jika Anda tidak segera memutuskan, Anda tak akan beroleh apapun. Hidup dan belajarlah.
Ada beberapa jutawan yang membiarkan diri mereka gulung tikar dan lalu (dengan lebih cepat) segera bangkit dan merebut kekayaan mereka, terkadang bahkan lebih besar dari sebelumnya. Uang sendiri bukanlah rintangan yang menghambat Anda meraih sukses dan kekayaan.
Cobalah sebanyak mungkin “berpraktek”. Jadikan bidang pekerjaan Anda lebih baik atau lebih efisien. Setelah itu, ketika seseorang menandatangi cek untuk Anda, di saat itulah Anda benar-benar bekerja untuk diri Anda sendiri.
Bahkan meski Anda pekerja di sebuah perusahaan besar – bukan perusahaan Anda sendiri – namun inilah perusahaan yang memungkinkan Anda membuktikan bahwa Anda mempunyai kemampuan. Masing-masing kita memiliki bakat untuk sukses dan menjadi jutawan! Terlahir sebagai pemenang, namun hanya sedikit dari kita yang mengetahui cara memanfaatkan kesempatan dan menggali potensi yang tersimpan jauh di dalam diri kita! Tak seorang pun yang dapat memberikan peluang yang lebih besar ketimbang yang sudah ada dalam diri Anda. Yang harus dilakukan ialah menemukan jalan menuju keberhasilan. Karena terlahir sebagai orang sukses, maka kita harus mengambil keputusan-keputusan besar dan menggali kekuatan dari dalam diri kita sendiri! Anda niscaya akan menemukan sumber keberuntungan yang baru: diri Anda sendiri!
Baca: KENAPA ORANG BERBISNIS?

KESIMPULANNYA:
Kalau Anda ingin menjadi orang yang benar-benar sukses dan kaya, Anda harus menolak teori-teori tersebut di atas. ANDA HARUS MENCARI TEORI-TEORI YANG TEPAT DAN PRINSIP-PRINSIP YANG MEMBAWA KEDAMAIAN DALAM JIWA DAN HATI ANDA, KEAMANAN DAN KEBEBASAN, CINTA KASIH DAN RASA HORMAT DAN KEHIDUPAN YANG SIGNIFIKAN YANG BISA MEMBERIKAN NILAI TAMBAH KEPADA ORANG-ORANG LAIN...

Baca: ANDA BISA, JIKA ANDA PIKIR ANDA BISA!





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!

Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w