Minggu, 12 April 2015

BAGAIMANA MEMBUAT MIMPI MENJADI NYATA?




Berpikir positif adalah kunci untuk membuat mimpi-mimpi Anda menjadi nyata. Untuk mencapai sebuah keberhasilan diperlukan usaha yang keras. Itupun memerlukan gagasan-gagasan besar dan kemampuan untuk melaksanakannya. Jika Anda melontarkan pertanyaan kepada setiap orang sukses mengenai bagaimana cara mereka mencapai kesuksesan, maka saran mereka cenderung akan mengarah pada “berpikir positif”.

Jika pikiran kita bimbing ke arah yang positif, maka apapun yang kita lihat, apapun yang kita alami, akan menghasilkan ide-ide positif yang akan menunjang kesuksesan kita. Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan di sini adalah, bagaimana cara membimbing pikiran kita agar selalu berpikir positif?
Baca: ILMU BERSIKAP POSITIF


Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar kita selalu berpikir secara positif, di antaranya adalah sebagai berikut:

Mengisi Pikiran dengan Muatan Positif
Berpikir positif adalah upaya kita untuk mengisi ruang dalam pikiran dengan muatan yang positif. Ruang-ruang dalam pikiran kita meliputi nalar (pikiran, intelektual), naluri (perasaan, emosional), dan nurani (hati, spiritual). Sedangkan pengertian muatan positif adalah berbagai bentuk pemikiran dengan kriteria benar atau tidak melanggar nilai-nilai yang ada, baik bagi diri kita sendiri, orang lain, dan lingkungan, serta bermanfaat atau menghasilkan sesuatu yang berguna.

Menggunakan Pikiran Positif untuk Mencapai Kesuksesan
Setelah pikiran kita memiliki muatan positif, langkah berikutnya adalah menggunakan muatan pikiran tersebut untuk mencapai tujuan hidup yang lebih tinggi. Jika pikiran kita sudah positif, namun tidak kita gunakan, itu saja sudah bagus, namun manfaatnya kurang maksimal.
Contoh: Anda meyakini bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Pada tahap ini Anda baru pada tingkat berpikir positif. Dan jika Anda mencari penyebab kegagalan tersebut, dan memperbaikinya untuk mencapai kesuksesan, berarti Anda sudah memanfaatkan pikiran positif tersebut.

Melakukan Pengendalian Pikiran
Pengendalian di sini mengandung pengertian kita berusaha mengetahui muatan apa saja yang kita masukan ke ruang pikiran, berusaha mengetahui bagaimana pikiran kita bekerja, dan mengetahui bentuk-bentuk pikiran negatif yang masuk ke ruang pikiran dan berusaha menghapus atau menghilangkannya. Untuk mengendalikan pikiran, kita harus berusaha mengetahui muatan pikiran positif dan negatif, berusaha mengubah yang negatif menjadi positif, dan berusaha menciptakan pemikiran baru yang positif untuk menggantikan pikiran lama yang negatif.

Membangun Keberanian dan Tekad
Pendekatan positif terhadap hidup membantu meningkatkan keberanian dan tekad. Dengan tekad yang kuat, mencapai apapun dalam hidup menjadi mungkin. Pandangan positif terhadap kehidupan juga membantu memberikan keberanian untuk menghadapi situasi yang sulit.

Menciptakan Keyakinan Diri
Berpikir positif membantu Anda percaya apapun yang Anda lakukan. Dengan adanya keyakinan, mencapai semua tujuan akan tampak lebih sederhana dalam hidup. Kekuatan ini juga membantu Anda untuk memecahkan masalah terbesar dalam hidup. Pemikiran adalah sumber dari segalanya, bahkan Anda bisa menjadi sakit apabila pikiran Anda mengarah ke hal-hal yang negatif. Oleh sebab itulah, jangan sampai pikiran Anda menghalangi kesuksesan Anda.

Baca: BAGAIMANA PIKIRAN BEKERJA?





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan