Jumat, 20 Februari 2015

3 PERISTIWA PENTING DALAM KEHIDUPAN MANUSIA



Dalam pembicaraan informal atau formal mau pun pada acara training motivasi yang saya bawakan, sering saya bahas hal-hal penting berikut ini:

   A.  Ada 3 PERISTIWA PENTING DALAM KEHIDUPAN SETIAP ORANG:
    1. TAKDIR: setiap orang TIDAK bisa memilih lahir dari orang tua siapa dan kapan akan DIPANGGIL Tuhan (kecuali mereka yang bunuh diri! Hehehe…)
    2. MISTERI ILAHI: ada banyak peristiwa dalam kehidupan ini HANYA Tuhan yang tahu jawabannya! Misalnya: Kenapa pesawat jatuh dan ‘memakan’ ratusan korban meninggal? Kenapa gunung meletus atau banjir yang ‘memakan’ ribuan orang meninggal/menderita? Kenapa ada bayi terlahir cacat? Kenapa ada orang yang selamat dari sebuah ‘kecelakaan yang hebat’? Dan masih banyak hal yang lain…
    3. NASIB: setiap orang bisa MERUBAH nasibnya untuk kehidupan yang lebih baik, indah, dan menarik. Tidak ada orang lain atau siapa pun yang mampu merubah nasib seseorang, selain DIRINYA SENDIRI! Anda-lah ‘ARSITEK’ dari kehidupan Anda sendiri! Kebahagiaan ada di tangan Anda!


   B.  Ada 3 HAL PENTING DALAM DIRI SETIAP ORANG YANG HARUS DIJAGA:
    1.  Sehat JASMANI
    2.  Sehat ROHANI
    3.  Sehat MENTAL
Tiga hal penting terakhir selalu saya lanjutkan dengan pertanyaan:
·       Bagaimana Anda menjaga agar jasmani Anda tetap sehat?  Audiens menjawab: “Makan dan minum yang bergizi/sehat, dan berolah raga.”
·       Bagaimana Anda memelihara agar rohani Anda tetap sehat? Audiens umumnya menjawab: “Rajin berdoa dan pergi ke tempat ibadah atau melakukan kegiatan rohani.”
·       Lalu bagaimana cara Anda membuat mental Anda tetap sehat?  ?!?!?!

Sebagian dari kita sering lupa, bahkan cenderung mengabaikan untuk menjaga dan memelihara agar MENTAL TETAP SEHAT!?
Banyak dari kita sering terbenam dalam kegagalan masa lalu. Di antara kita sering terbelenggu dengan rasa kuatir dan takut akan masa depan yang belum terjadi-dihantui oleh hal negative dan bayangan buruk yang akan terjadi. Kenapa tidak memilih yang sebaliknya, hal positif dan visualisasi indah yang akan dialami?
Hal itulah yang memungkinkan banyak orang di sekitar kita menjalani kehidupan sekarang-hari ini TIDAK dengan cara optimal. Sehingga tanpa sadar, dirinya ditarik oleh masa lalu dan juga tertarik oleh masa yang akan datang. Jalanilah HIDUP YANG TERBAIK hari ini!

Mahatma Gandhi berkata:
“TIDAK ADA KESIA-SIAAN YANG MENGURAS TUBUHKU KECUALI KEKUATIRAN, DAN ORANG YANG PUNYA KEYAKINAN KEPADA TUHAN SEHARUSNYA MERASA MALU KALAU MASIH MENGKUATIRKAN SESUATU.”

Masa lalu yang buruk-apa pun itu, adalah rangkaian dari kehidupan seseorang yang TIDAK dapat dirubah! Jadi, kenapa harus dikorek-korek terus? Bukankah setiap orang punya masa lalu yang kurang baik pula…
Demikian juga sebaliknya, masa jaya di masa lalu juga TIDAK ada artinya untuk terus disombongkan. Apalagi dalam kenyataannya, pada hari ini kebaikan pada masa lalu itu tidak dapat dipertahankan!
Hampir semua orang yang kuatir dan takut akan masa yang akan datang timbul karena kurangnya iman kepada TUHAN, dan karena saat ini tidak melakukan hal yang positif demi untuk memperbaiki kehidupan di masa depannya. Atau karena egois dan rakusnya, sehingga terus dan selalu merasa kekurangan dalam banyak hal akan masa yang datang…
Teruslah berbagi hal yang positif, kebaikan, dan kebahagiaan dengan orang lain; niscaya Tuhan-Sang Sutradara Yang Maha Dahsyat akan memberikan kehidupan yang baik, indah, dan menarik untuk kita jalani…





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan