Minggu, 21 September 2014

MAU SUKSES, HARUS INGAT TEAM!




Anda tidak dapat melakukannya sendiri! Anda akan memerlukan bantuan dari orang lain, dan Anda perlu memberikan pertolongan kepada orang lain, jika Anda ingin sukses. Dan itu membutuhkan hubungan Anda dengan orang lain.

SUKSES BERARTI TURUT SERTANYA PERAN ORANG LAIN!
Orang-orang sukses mengakui pentingnya peranan orang lain dalam kesuksesan mereka. Bila Anda tahu kiat bagaimana menjalin hubungan dengan orang lain, berarti 85% Anda telah berada di jalan menuju sukses dalam bisnis, pekerjaan, atau profesi apapun. Perlu digarisbawahi bahwa hubungan dapat membuat kita berhasil ataupun sebaliknya. Semua keahlian dan ketrampilan teknis di dunia ini tidak akan dapat membuat seseorang mampu mencapai sesuatu yang diinginkan, kecuali jika ia bisa mengembangkan hubungan yang baik dengan orang lain.

CARA MENJALIN HUBUNGAN YANG BAIK DENGAN ORANG LAIN
Kemampuan mengembangkan hubungan yang baik dengan orang lain bukanlah suatu hal yang sulit. Ketrampilan orang yang baik tidak terbatas pada orang yang dilahirkan dengan kemampuan istimewa, meskipun dalam hal ini banyak orang dilahirkan dengan ketajaman naluri luar biasa. Bagi kita pada umumnya, kemampuan yang memungkinkan seseorang untuk membina hubungan yang baik dapat kita pelajari.


Berikut ini adalah pedoman yang dapat membantu Anda dalam membina hubungan yang baik dengan orang lain:

Jangan Mementingkan Diri Sendiri
Langkah pertama yang harus diambil dalam membina hubungan yang baik adalah jangan mementingkan diri sendiri. Orang-orang yang perhatian utamanya dipusatkan pada diri mereka sendiri dalam berhubungan dengan orang lain jarang yang bisa mengembangkan hubungan baik yang langgeng. Potensi bagi hubungan yang baik akan berkembang pesat bila Anda mulai memusatkan perhatian pada orang lain.

Berikan Mereka Perhatian
Potensi bagi hubungan yang baik akan berkembang pesat bila Anda mulai memusatkan perhatian pada orang lain. Orang banyak yang tidak akan peduli seberapa jauh yang Anda ketahui, hingga mereka tahu seberapa jauh Anda peduli. Semua ketrampilan, bakat, dan pendidikan di dunia ini tidak akan pernah membuat orang lain lebih terkesan daripada perhatian Anda yang tulus kepada mereka.

Kenali Mereka Lebih Jauh
Beberapa hal dapat berpengaruh lebih besar terhadap orang lain daripada mencari dan mengingat-ingat sesuatu tentang mereka. Banyak tahu tentang seseorang merupakan pertanda positif bahwa Anda mempunyai perhatian, dan ini akan menciptakan ikatan yang positif dan langgeng.

Jangan Anggap Remeh Nilai Seseorang
Temuilah setiap orang dengan sikap positif dan harapkan agar setiap pertemuan menghasilkan sesuatu yang positif. Layanilah setiap orang sama pentingnya, maka Anda tidak akan pernah menganggap rendah siapa pun.

Jangan Memanfaatkan Orang lain
Mengajukan diri sendiri dengan mengorbankan orang lain hanya memberikan kesan seolah-olah kita sukses. Dalam jangka panjang, hal ini bukan hanya akan merugikan Anda, tapi juga merugikan orang lain. Pencapaian sukses merupakan proses yang panjang serta memerlukan waktu. Dan hal ini pun merupakan suatu proses yang melibatkan orang lain. Bilamana seseorang mengambil keuntungan dari orang lain, berarti mengurangi kesempatan dirinya sendiri untuk masa depannya. Dia mengurangi umlah kesempatan yang akan datang kepadanya, dan juga mengurangi jumlah orang yang akan bersedia membantunya dalam mencapai sukses.

Mintalah Nasihat atau Bantuan
Salah satu cara terbaik untuk membina hubungan yang baik dengan orang lain mungkin akan mengherankan Anda, yaitu: mintalah nasihat atau bantuan mereka. Banyak orang yang senang bila memperoleh kesempatan untuk menunjukkan keahliannya. Mereka pun akan merasa senang bila mereka dapat membantu Anda, sebab ini menunjukkan seolah-olah mereka memiliki sedikit kekuasaan atau kelebihan.

Saling Memberi dan Menerima
Hubungan yang paling baik adalah hubungan dimana kedua belah pihak saling memberi dan menerima. Bila Anda ingin agar hubungan selalu positif, usahakan untuk selalu membawa suatu hal yang positif pada saat bertemu dengan seseorang.

Jaga Perasaan Orang Lain
Manusia adalah mahkluk yang emosional. Meskipun keinginan kita untuk selalu rasional dan bersikap logis, namun kita tidak boleh lupa hal di atas. Bila Anda ingin sukses dalam hubungan dengan orang lain, bersabarlah dengan perasaan orang lain.

Berikan Pelayanan Kepada Orang Lain
Manusia pada hakekatnya tertarik pada orang lain yang menolongnya. Kebanyakan kita ingin membalas kebaikan dengan kebaikan. Bila Anda mencari kesempatan untuk membantu orang lain, Anda hidup lebih bahagia dan mampu mengembangkan banyak hubungan yang baik.

Jadilah Seorang Pendengar yang Baik
Salah satu ciri khas orang yang mahir menciptakan hubungan adalah bahwa dia, mempunyai kemampuan mendengarkan dengan penuh perhatian selagi orang lain bicara. Siapa yang tidak senang untuk berhubungan dengan seorang pendengar yang setia?
Salah satu kunci untuk menjadi pendengar yang baik adalah kemampuan untuk mendorong orang berbicara mengenai dirinya sendiri. Biasanya yang diperlukan adalah beberapa pertanyaan yang tepat. Jika Anda sabar dan bertahan, Anda bahkan dapat membujuk orang yang paling sedikit bicara untuk bercerita tentang dirinya sendiri.

Bicaralah Sesuai Dengan Minat Orang Lain
Salah satu kesalahan umum yang dilakukan orang bila mencoba memulai satu hubungan ialah, mereka berusaha menarik perhatian orang lain dengan menarik perhatian orang lain itu terhadap dirinya sendiri. Mereka mencoba bicara dari topik yang satu ke topik yang lain dengan harapan mendapatkan satu topik yang dianggap menarik bagi orang lain itu. Orang yang melakukan hal ini adalah terbalik. Strategi terbaik untuk digunakan bila memulai satu hubungan adalah memfokuskan perhatian Anda pada apa yang disukai oleh orang lain tersebut.

Buatlah Orang Lain Merasa Penting
Membuat orang lain merasa penting adalah bagian dari seorang pemikir positif. Ingatlah, tidak ada yang lebih penting di muka bumi ini daripada manusia. Tak ada ruginya bagi kita untuk memuji orang lain dan hormat, untuk membuatnya merasa penting, bahkan ini akan menciptakan hal-hal yang luar bisa bagi orang lain. Dan manfaat tambahan bagi Anda adalah bahwa ini akan membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan orang tersebut.

Jadilah Orang yang Dapat Dipercaya dan Konsisten
Ada beberapa hal yang dapat merusak suatu hubungan dengan lebih cepat atau lebih parah lagi, bila seseorang mengingkari suatu kepercayaan. Ini terjadi bila orang tidak konsisten, dimana bedanya kata dan perbuatan. Ini juga terjadi jika dia sendiri membuat hilangnya kepercayaan itu, karena dia tidak dapat memenuhi kewajibannya, baik sengaja maupun tidak disengaja.

Hindari Perdebatan
Pembicaraan antara dua orang adalah sehat dan positif. Sebaliknya, perdebatan tidak pernah baik. Apakah bedanya? Perdebatan adalah usaha dengan paksa untuk merubah pendapat orang lain. Ini selalu menghasilkan satu pihak "menang" dan yang lainnya "kalah". Pembicaraan adalah pertukaran pikiran atau gagasan dengan tujuan mencapai pemecahan terbaik bagi semua pihak yang terlibat. Ini merupakan satu usaha menciptakan keadaan "menang-menang" bagi kedua belah pihak.

Jadilah Seorang Pengamat Manusia
Mengembangkan hubungan positif dengan orang lain sebenarnya tertuju pada satu hal: Anda harus menjadi seorang pengamat manusia. Bila Anda benar-benar mampu mengerti manusia; tahu akan ketakutan, harapan dan impian mereka, Anda akan memiliki kemampuan mengembangkan hubungan tersebut.
Bicaralah dengan orang-orang. Dengarkanlah keinginan hati mereka. Amatilah mereka dan pelajarilah cara mereka berpikir.

Orang yang sukses tahu akan nilai hubungan yang baik. Kemampuan mencapai sasaran, melaksanakan gagasan sebagian besar bergantung pada orang di sekelilingnya. Dia pada pokoknya tidak dapat melakukan semuanya sendiri.

Bila Anda seorang yang tidak berbakat untuk mengembangkan hubungan, jangan putus ada. Berusahalah untuk menciptakan ketrampilan Anda. Jika Anda sudah memiliki bakat untuk bekerja dengan orang lain, asahlah kemampuan tersebut. Niscaya, sukses Anda nyaris tanpa batas.

Baca: Seberapa Berpengaruhnya Anda?





Salam Sejahteran & Sukses Selalu!

Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan