Jumat, 22 Agustus 2014

PENTINGNYA VISI HIDUP ANDA




“Dunia orang buta terbatas pada sentuhannya, dunia orang bodoh ditandai dengan keterbatasan pengetahuannya, dunia orang besar tak terhalang oleh keterbatasan pandangannya”.
(E. Paul Hovey)
  

Makna Sebuah VISI

Dalam kamus Bahasa Inggris karangan Webster kata vision didefinisikan sebagai “sesuatu yang tidak terlihat penglihatan biasa, yakni kemampuan untuk melihat sesuatu yang sebenarnya belum nampak nyata”. Orang-orang tertentu dapat mengasah visi itu dengan menggunakan kepekaan mental, kemampuan antisipasi serta kekuatan atau daya imajinasi.

Visi dapat diartikan juga kemampuan untuk melihat lebih jauh ke depan, jadi bukan hanya sekedar yang terdapat di hadapan kita.
Seseorang yang tidak memiliki visi hanya melihat apa-apa yang bisa dilihatnya dari dekat dan yang bisa diraihnya dengan mudah. Sedangkan orang yang memiliki visi akan merasa bahwa dunia ini seakan-akan terbuka lebar dihadapannya.
Orang yang akhirnya mampu mewujudkan keinginannya adalah orang yang memiliki visi.

Seperti dikatakan oleh Kattherine Logan, “Suatu visi bisa memberitahukan kepada kita tentang apa yang akan bisa menjadi milik kita. Dengan kata lain, visi ini juga merupakan semacam ajakan untuk melakukan sesuatu. Melalui sikap mental kita yang sehat, kita bisa meraih setiap keinginan yang ingin kita wujudkan, tentunya dengan mengerahkan segenap potensi yang kita miliki, sebagai penunjang ke arah hasil yang lebih besar, lebih baik, dan lebih memuaskan. Dengan cara ini kita akan memiliki nilai-nilai tersembunyi yang akan selamanya melekat pada diri kita”.

Orang yang paling patut dikasihani bukanlah orang yang tidak memiliki uang, seperti anggapan banyak orang, melainkan orang yang tidak memiliki visi.
Baca: APA IMPIAN HIDUP ANDA?


Beberapa hal penting dari sebuah visi:

    1.  Visi membuat semua pekerjaan jadi menyenangkan
Keberhasilan membuat hidup semakin indah. Ketika Anda berhasil menyelesaikan sebuah pekerjaan, tentu sangat menyenangkan. Lebih-lebih lagi bila keberhasilan-keberhasilan kecil tadi merupakan jalan untuk meraih suatu tujuan yang lebih besar lagi, yang tentunya ditopang dengan keinginan mewujudkan visi menjadi kenyataan, maka gairah kita untuk bekerja semakin meningkat.

    2.  Visi memberikan nilai tambah bagi pekerjaan kita
Bila kita menganggap bahwa hasil pekerjaan kita adalah perolehan yang kita dapatkan melalui visi kita, setiap pekerjaan akan memiliki nilai bagi kita. Bahkan hasil pekerjaan yang paling sederhana sekalipun bisa memberikan kepuasan bagi Anda, sebab dari sana sudah terlihat pekerjaan besar yang akan dicapai.
Ini seperti cerita seorang yang sedang berbincang-bincang dengan tiga orang tukang batu di sebuah pembangunan gedung. Ia bertanya pada tukang batu pertama, “Apa yang sedang Anda kerjakan?” Tukang batu itu menjawab, “Saya sedang mencari nafkah”. Ketika ia menanyakan pertanyaan yang sama kepada tukang batu kedua, jawabnya: “Saya sedang menyusun batu bata untuk membuat tembok”. Namun saat ia bertanya pada tukang batu ketiga, tukang batu ini menjawab dengan penuh semangat, “Saya sedang membangun sebuah kampus yang akan mencetak para penerus bangsa!” Ketiga tukang batu itu sama-sama sedang melakukan pekerjaan yang sama. Namun dalam hal ini hanya tukang batu yang ketigalah yang didorong oleh sebuah visi. Ia memiliki sebuah gambaran besar, yang pasti akan menambah nilai pekerjaannya.

    3.  Visi dapat meramalkan masa depan Anda
Bila Anda mempunyai visi, dan Anda giat bekerja untuk mencapainya, maka masa depan Anda akan lebih memungkinkan untuk menjadi perwujudan dari visi Anda itu. Memang benar bahwa masa depan Anda belum tentu terjamin secara pasti. Tak seorang pun yang masa depannya terjamin. Namun visi Anda akan sangat berarti dalam meningkatkan peluang menuju sukses.
  
“Hidup tidaklah seperti apa yang kita pikirkan,
Hidup adalah seperti imajinasi kita terhadapnya,
Dan apa yang kita imajinasikan kebanyakan akan menjadi nyata.”
(Charles Bukowski)

Baca: APA ITU VISI?



Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan