Senin, 24 Maret 2014

TIPS MENGENDALIKAN PENGELUARAN




Mencatat semua pengeluaran dan pemasukan adalah langkah awal yang dapat Anda gunakan untuk mengendalikan keuangan.


Ada 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi pengeluaranmu:
1.    Hitung total penghasilan Anda setelah dikurangi pajak. Jika pendapatanmu ternyata berbeda-beda berdasarkan seberapa banyak jam kerjamu, buatlah rata-rata lalu jumlahkan.
2.    Selalu buat pelacakan atas pengeluaran bulananmu. Buat daftar pengeluaran rutinmu, misalnya KPR atau uang sewa, asuransi, jasa asuh anak, makanan, bahan bakar dan lain-lainnya. Jumlahkan semuanya dan pastikan totalnya di bawah pendapatanmu.
3.    Jangan lupakan hal kecil yang keluarkan tiap harinya. Hasil dari pelacakan ini akan membantumu lebih merinci pengeluaran bulanannmu.
4.    Waspadai pengeluaran tak terduga. Kerap kali pengeluaran ini muncul tiap tahunnya. Namun, sebenarnya, ada beberapa pengeluaran tak terduga yang bisa kamu perkirakan terlebih dahulu. Buatlah perkiraannya untuk setahun dan masukkan dalam anggaranmu.
5.    Cari pengeluaran yang bisa dikurangi. Jika ternyata pengeluaranmu lebih besar dari pendapatanmu, membuat anggaran mampu mempermudah kamu mencari pengeluaran yang bisa dipangkas. Bisa juga dengan memanfaatkan bantuan pada teknologi.

Baca: BAGAIMANA MERENCANAKAN KEUANGAN YANG BAIK?





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!

Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan