Selasa, 04 Maret 2014

TIME MANAGEMENT




Hal utama dalam membuat perubahan hidup adalah dengan memulai belajar mengelola waktu secara efisien. Manajemen waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan produktivitas waktu. Kualitas hidup seseorang tergantung pada manajemen yang baik dari pemanfaatan waktu yang ada.
Waktu yang dimiliki pasti sering terbagi, maka dari itu Anda harus pintar mempertimbangkan beberapa banyak waktu yang akan diluangkan.
Hanya ada 3 Cara untuk menghabiskan waktu, yaitu, berpikir, bercakap-cakap, dan melakukan hal lainnya. Berikut ini adalah teknik untuk menguasai pengaturan waktu yang baik.
1. Ingat dan Pahami Kapan Waktu Berharga
Bawalah jadwal dan Ingatlah isi pemikiran Anda, percakapan dan kegiatan yang harus dilakukan selama seminggu. Hal ini akan membantu memahami beberapa hal yang dapat diselesaikan dalam waktu satu hari. Serta kapan waktu-waktu berharga akan berlalu. Anda dapat melihat beberapa banyak waktu yang diluangkan untuk mencapai sebuah hasil. Lalu berapa banyak waktu yang telah dibuang untuk kegiatan-kegiatan yang tidak produktif.
2. Buat Jadwal untuk Diri Sendiri
Segala kegiatan dan percakapan yang penting untuk kesuksesan harus ada jangka waktunya. List pekerjaan akan bertambah sangat banyak jika mengisinya dengan hal-hal yang tidak bisa dikerjakan. Buatlah jadwal untuk diri sendiri dimana Anda bisa meluangkan waktu untuk berfikir dan melakukan hal-hal yang produktif bagi diri Anda.
3. Luangkan Waktu Untuk Hal Produktif
Rencanakanlah Setidaknya 50% dari waktu yang Anda miliki untuk menghasilkan hal yang produktif. Rencanakanlah juga waktu untuk beristirahat, menarik diri dari kesibukan yang Anda miliki. Luangkan juga waktu selama 30 menit pertama setiap harinya untuk mengawali hari anda. Jangan memulai aktivitas sebelum selesai merencanakannya.
4. Prioritas yang Diutamakan
Luangkan waktu selama 5 menit untuk semua keputusan yang harus diambil. Ini akan membantu memperlihatkan prioritas yang harus diutamakan. Luangkan pula 5 menit setelah aktivitas atau keputusan yang diambil untuk menentukan apakah target yang Anda tentukan hari ini tercapai atau tidak. Mengoreksi apakah ada hal yang terlewat atau tidak.
5. Jangan Ragu untuk Menolak
Jangan ragu-ragu untuk menolak interupsi dari siapapun saat Anda benar-benar harus mengerjakan sesuatu sampai selesai. Blokirlah semua hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan seperti social media, terkecuali hal itu membantu bisnis Anda.
6. Buat 20% Kegiatan Menjadi 80% Hasil
Ingatlah bahwa mustahil untuk menyelesaikan semuanya. Dan ingatlah bahwa hal yang baik adalah membuat dua puluh persen kegiatan, menjadikan delapan puluh persen dari hasil yang Anda dapat.

Baca: TIME MANAGEMENT YANG AKAN MERUBAH HIDUP ANDA





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!

Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan