Minggu, 10 November 2013

COBALAH TAHAN SEJENAK...





Dalam suatu perjalanan, kereta api memperlambat lajunya dan berhenti di sebuah stasiun. Naiklah seorang ibu dengan 2 anaknya yang masih kecil-kecil ke dalam salah satu gerbong.

Penumpang di gerbong itu cukup padat. Beruntung sang ibu dan kedua anaknya mendapatkan tempat duduk.

Awalnya kedua anak kecil itu duduk tenang. Tak lama kemudian, mereka mulai berlarian sambil berteriak-teriak.

Mereka juga naik ke tempat duduk, menarik bacaan dari para penumpang lain. Kedua anak itu membuat suasana gerbong jadi gaduh dan tidak nyaman.

Setelah cukup lama menahan diri, seorang bapak yang duduk di sebelah sang ibu menegur, "Kenapa Anda membiarkan saja kedua anak Anda membuat ribut dan mengganggu seisi gerbong?"

Seakan baru tersadar, sang ibu menjawab perlahan, "Mohon maaf, saya masih bingung bagaimana menjelaskan kepada mereka saat nanti kami sampai di rumah sakit untuk menjemput jenasah ayahnya."

Ternyata sang ibu mendapat berita bahwa suaminya sudah meninggal di rumah sakit karena kecelakaan. Dia dan anak-anaknya sekarang dalam perjalanan ke rumah sakit itu.

Seketika si bapak yang menegur terdiam. Segera dari mulut ke mulut tersebar informasi tersebut dan semua penumpang yang tadinya merasa terganggu, berganti iba dan simpati.

Alih-alih kesal dan mau marah kepada anak-anak yang bikin gaduh dan ibunya yang terkesan cuek, sebagian penumpang malah mulai ikut bermain dan bercanda dengan kedua anak itu.

Setelah mengetahui lengkap atau persis apa yang terjadi, reaksi penumpang berbalik 180 derajat!

Demikian juga dalam kehidupan. Mengetahui lengkap dibanding hanya sebagian, sangat mungkin membuat perbedaan respon seseorang terhadap suatu kejadian atau masalah.

Di saat Anda kesal dan mau marah, cobalah tahan sejenak dan cari tahu lebih banyak. Dengan tambahan informasi, mungkin Anda tidak jadi marah, sehingga tidak muncul penyesalan di kemudian hari...
(Sumber: Stephen R. Covey, 'Seven Habits of Highly Effective People' )

Imagemap


Baca: CINTA KASIH




Salam Sejahtera & Sukses Selalu!



Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan