Jumat, 25 Oktober 2013

TIPS MENGHINDARI BANGKRUT




Kegagalan dalam menjalankan bisnis umumnya terjadi karena beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pebisnis itu sendiri. Agar terhindar dari kebangkrutan, ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan oleh pebisnis pemula.


Berikut ini tips agar terhindar dari kebangkrutan:

1) Yakin dan Fokus
Dalam menjalankan bisnis, keyakinan dan terus fokus sangatlah penting. Fokus dan atur peluang, kita harus fokus pada pengembangan satu bisnis dulu, karena jika kita tidak fokus, kita tidak bisa maksimal dan biasanya bisnis yang sedang kita jalankan malah bangkrut.

2) Totalitas
Salah satu hal yang dituntut dalam menjalankan sebuah bisnis adalah totalitas. Segenap waktu, tenaga, pikiran dan sumber daya yang kita miliki dicurahkan untuk kemajuan dan perkembangan bisnis yang sedang kita jalankan.

3) Analisa Pasar
Sebelum menjalankan sebuah bisnis, kita perlu melakukan analisa pasar untuk menghindarkan bisnis kita dari kesalahan menetapkan strategi. Dengan melihat data dari pasar kita bisa menawarkan produk sesuai dengan yang dibutuhkan pasar dan bisa menetapkan harga yang sesuai.

4) Jangan Asal Action
Jangan asal action, ingat selalu ada risiko dalam setiap keputusan. Kita harus punya perencanaan bisnis yang baik dan strategi bisnis yang tepat. Dengan membuat perencanaan di awal kita akan menemukan alternatif-alternatif terbaik. Untuk itu, carilah masukan dari kiri-kanan, dan gali sedalam-dalamnya hingga perencanaan yang kita buat jadi optimal. Susun juga alternatif apa yang akan kita ambil jika menghadapi keadaan yang buruk.

5) Jalankan Bisnis Sesusai Kemampuan
Hindari terjun ke dunia bisnis di luar kemampuan yang dimiliki. Jika memang ingin masuk ke bisnis di luar kemampuan Anda, maka sebaiknya mencari karyawan yang ahli. Bisa juga dengan cara mencari partner bisnis, carilah partner yang bisa dipercaya dan bisa diajak maju bersama.

6) Pilih Lokasi yang Sesuai
Dalam menjalankan bisnis, pilihlah lokasi yang benar-benar pas untuk produk yang akan dijual. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan dan perkembangan bisnis yang kita jalankan.

7) Kejar Keuntungan
Tujuan berbisnis tentu saja mendapatkan keuntungan. Penjualan memang penting, tapi jangan lupa bahwa tahap selanjutnya adalah mengejar keuntungan. Keuntungan itulah yang sangat penting sehingga bisnis kita tumbuh dan berkembang.

8) Kontrol Keuangan
Kita harus melakukan kontrol yang baik dalam hal keuangan, pastikan bahwa keuangan kita sehat. Jangan melakukan pemborosan, pengeluaran harus efisien dan efektif. Pebisnis pemula biasanya tergoda untuk hal yang sebenarnya bisa dilakukan dengan efisien.

9) Modal yang Cukup
Sangat penting untuk memulai bisnis dengan modal yang cukup, agar bisnis kita dapat bertahan. Jika sejak awal, diperhitungkan bahwa modalnya akan kurang, segera cari partner bisnis/investor.

10) Monitor Perkembangan Bisnis
Walaupun pada awal memulainya sudah jelas bisnis kita akan menuju ke mana, tetapi tetap harus melalukan monitor sehingga kita benar-benar tahu ke mana bisnis kita sedang berjalan. Jika sudah tepat sesuai jalurnya, perbaiki langkah yang bisa mempercepat perkembangan dan kemajuan bisnisnya.

11) Terus Belajar
Sebagai pebisnis kita harus terus belajar, menambah ilmu dan pengetahuan untuk mengembangkan bisnis  yang sedang kita jalankan. Bisa dengan berbagai cara, seperti belajar kepada pebisnis senior, ikut seminar, masuk ke komunitas bisnis, dan lainnya.

12) Berdoalah
Usaha keras tanpa doa tidaklah lengkap. Sebagai orang beriman dan percaya kepada TUHAN yang maha kuasa, kita tahu kekuatan sebuah doa. Doa yang sungguh-sungguh sangat besar artinya bagi kehidupan yang sedang dan akan kita jalani, termasuk dalam menjalankan bisnis.






Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan