Selasa, 15 Oktober 2013

TAHAPAN DALAM MENJALANKAN BISNIS





Menjalankan bisnis memiliki banyak risiko dibandingkan dengan menjadi seorang karyawan. Hal ini memang tidak mudah, tetapi bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. Dengan berbisnis, selain bisa meningkatkan taraf hidup kita pribadi, juga memungkinkan dapat memberikan kesejahteraan kepada orang lain. Melalui lapangan pekerjaan yang kita sediakan, orang lain akan terbantu. Namun membangun sebuah bisnis tidak semudah yang kita bayangkan. Minat menjadi pebisnis? Simak lebih lanjut 5 tahapan membangun bisnis berikut ini (Sumber: Ednovate Marketing):

TAHAP 1: Mencari Ide dan Menetapkan Bisnis
Ini merupakan tahap paling awal ketika akan memulai bisnis, calon pebisnis harus mencari berbagai informasi tentang ide dan prospek bisnis yang bagus.
Kita bisa mendapatkan ide bisnis dari buku, koran, majalah, internet, seminar, saran pebisnis senior dan juga ketika kita berkunjung ke pusat keramaian/perbelanjaan.
Bagian yang sulit pada tahapan ini adalah bagaimana menjalankan ide tersebut agar menjadi sebuah bisnis riil, bukan hanya sekedar rencana, agar ide bisnis tersebut bisa menghasilkan uang.

TAHAP 2: Kapan Memulai Bisnis

Setelah menemukan ide dan prospek bisnis, dan menentukan bisnis yang akan kita jalankan, selanjutnya adalah memulai bisnisnya. Ingat, yang paling penting adalah actionnya dan jangan takut gagal.Pada tahap ini fokuslah untuk jualan, promosi, mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan. Cari dan kumpulkan konsumen sebanyak-banyaknya.


TAHAP 3: Meningkatkan KeuntunganPada tahap ini kita harus fokus untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Setelah banyak konsumen, saatnya kita meningkatkan keuntungan:
  • Perbesar margin keuntungannya
  • Buatlah konsumen membeli lebih sering
  • Buatlah konsumen membeli lebih banyak
TAHAP 4: Membangun Sistem Manajemen
Di tahap ini secara bertahap kita mulai membangun sistem manajemen bisnisnya. Kita mulai membuat SOP (Standard Operating Procedure), buat sistem proses order, penjualan, penggajian karyawan, dan buat tim manajemen.Inti dari tahap ini adalah agar bisnis kita bisa berjalan walaupun kita tidak ada.



TAHAP 5: Tahap Mengembangkan BisnisTahap ini bisa kita jalankan ketika sistem bisnisnya sudah kita bangun. Proses pengembangan bisnis ada berbagai macam:
  • Membuka cabang
  • Membuka sistem kemitraan
  • Membuka sistem waralaba
  • Mencari ide bisnis baru
  • Pada tahap ini pastikan merek kita sudah terdaftar di Dirjen HKI.






Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan