Selasa, 15 Oktober 2013

STRATEGI BISNIS UNTUK PEMULA





Memulai sebuah bisnis dan menyiapkan modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis itu merupakan tantangan yang harus dihadapi seorang calon pebisnis. Mencari investor untuk menyuntikkan dananya juga suatu hal yang sangat menantang. Situasi dan kondisi seperti itu pernah dialami oleh penulis.
Berikut ini strategi bisnis yang penulis rangkum berdasarkan pengalaman pribadi dan dari berbagai sumber menerobos belantara bisnis bagi Anda yang pertama kali terjun ke bisnis:

1. Tentukan Target
Dalam menjalankan bisnis, hal utama yang harus dilakukan adalah menentukan target. Misalnya: menentukan target kapan bisnisnya akan dimulai, target penjualan, target keuntungan, dll. Hal ini sangat penting agar kita punya panduan dalam menjalankan bisnis.

2. Bangun Tim yang Solid
Bentuk dan bangunlah tim yang solid. Bisnis akan berkembang jika kita mampu membentuk tim yang solid, masing-masing personil menjalankan fungsi, tugas, tanggung jawab dan kewajiban kerjanya dengan baik.

3. Utamakan Kualitas Produk dan Pelayanannya
Bisnis yang kita jalankan bisa berkembang jika kita fokus pada kualitas produk, barang/jasa yang kita jual serta pelayanannya. Secara konsisten lakukan perbaikan dan monitoring hasilnya.

4. Perencanaan Marketing yang Baik
Buatlah perencanaan marketing yang baik, lakukan promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnisnya.

5. Bangunlah Merek Bisnis Sendiri
Buatlah merek produk yang menarik, bangunlah merek sendiri dan lakukan promosi secara konsisten, jangan lupa daftarkan merek itu ke Dirjen HKI.

6. Analisa Pasar
Lakukan analisa pasar. Produk apa yang dibutuhkan masyarakat luas, bagaimana aktifitas kompetitor, dll.

7. Gunakan Media Social
Facebook dan Twitter adalah dua media social yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat kita, gunakan untuk memperkenalkan produk dan mempromosikan produk kita.

8. Miliki Website
Selain melakukan direct marketing melalui salesman/reseller, kita bisa menggunakan website. Website itu adalah toko kita, isi dengan informasi produk kita dengan baik. Website juga bisa kita gunakan menjadi online shop.

9. Bangun Networking
Salah satu bagian penting dalam menjalankan bisnis adalah membangun networking. Masuk ke dalam berbagai komunitas untuk menginformasikan dan mempromosikan bisnis kita.

10. Buat Sistem Manajemen
Agar bisnis dapat kita jalankan dengan baik, buatlah sistem manajemen yang baik, sehingga aktifitas bisnis tidak terhambat.

11. Sistem Keuangan yang Baik
Buatlah sistem keuangan yang baik, catat penerimaan dan pengeluaran keuangan dengan baik, agar bisnis dapat berkembang dengan optimal.

12. Lakukan Evaluasi dan Monitor Kerja

Evaluasi dan monitor kerja itu penting, agar bisnis yang kita jalankan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan