Sabtu, 19 Oktober 2013

STRATEGI AGAR KONSUMEN LOYAL





Konsumen adalah salah satu aset yang paling berharga dalam bisnis. Tanpa konsumen, tidak akan ada penjualan. Tanpa penjualan, tidak ada keuntungan, dan bisnis macet dan akan bangkrut.  Survei membuktikan bahwa mendapatkan konsumen baru, biayanya jauh lebih mahal dan memperlukan perjuangan dan pengorbanan yang cukup besar. Relatif lebih mudah mempertahankan konsumen lama daripada mendapatkan konsumen baru. Namun banyak pebisnis yang melupakan hal ini, karena terlalu sibuk untuk mencari konsumen baru. Padahal dengan sentuhan sedikit saja kepada konsumen lama, akan membuat konsumen tersebut menjadi loyal kepada produk kita.


Berikut ini beberapa hal yang dapat kita gunakan agar konsumen menjadi loyal:

1) Produk Berkualitas
Produk berkualitas dan mempunyai keunggulan tentu akan membuat konsumen puas. Jika konsumen puas, mereka akan menjadi konsumen yang loyal, dan akan merekemondasikan produk ke orang lain.

2) Layanan Prima
Dengan layanan prima, konsumen akan merasa senang dan selalu dikenang oleh konsumen, karena hal itu menunjukkan bahwa kita tidak hanya butuh uang mereka.

3) Strategi Marketing yang Tepat
Aktifitas marketing  yang tepat akan membuat konsumen merasa bahwa produk kita mempunyai keunggulan dibandingkan dengan produk sejenis yang ada di pasaran.

4) Inovasi Produk
Kebutuhan konsumen selalu berubah dan cenderung ingin lebih, oleh sebab itu inovasi dan perbaikan produk perlu diperhatikan. Inovasi bisa dalam hal bentuk dan corak kemasan, isi produk, varian produk dan jasa layanan atau cara berkomunikasi ke konsumen.

5) Dengarkan Keluhan Konsumen
Mendengarkan keinginan dan keluhan konsumen merupakan bagian yang penting agar konsumen loyal. Jika konsumen datang kembali karena ada masalah pada produk yang kita jual, harus siap untuk mendengarkan keluhan tersebut. Jangan mencari pembenaran atas produk yang bermasalah. Minta maaf dan segera mengatasi masalah tersebut adalah cara terbaik agar konsumen tetap loyal.

5) Sales Promo
Memberikan promosi sangat diperlukan untuk mempertahankan konsumen. Dengan metode ini, konsumen akan merasa diistimewakan dan mereka akan menjadi konsumen yang loyal.

6) Pelihara Hubungan
Hubungi pelanggan yang sudah cukup lama tidak bertransaksi. Cara sederhana ini bisa memberikan dampak yang luar biasa. Hal ini membuat konsumen merasa diingat dan akhirnya membeli produk kita lagi.

Baca: TEKNIK MEMIKAT KONSUMEN





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan