Kamis, 24 Oktober 2013

PRINSIP DALAM PENJUALAN





Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam penjualan, sebagai berikut:

1) TENTUKAN TARGET
Langkah awal bagi seorang pebisnis ketika akan mulai menjalankan bisnisnya adalah, menentukan target penjualan dari produk yang akan dijualnya.

2) PRODUK BERKUALITAS
Jualah produk yang berkualitas, ini sangat penting jika ingin sukses dalam bisnis. Jangan menjual produk cacat yang akan mengecewakan konsumen. Kita harus tahu keunggulan produk kita dibanding dengan pesaing.

3) INOVASI PRODUK
Agar penjualan kita meningkat, inovasi produk harus dilakukan. Misalnya, penambahan varian, perbagus kemasan, dll. Cari tahu apa kebutuhan konsumen, sehingga kita bisa tahu produk yang tepat untuk mereka.

4) PELAYANAN PRIMA
Jangan umbar janji yang tidak bisa ditepati, karena hal ini akan membuat konsumen menjadi kecewa. Ketika konsumen sudah kecewa, dijamin tidak akan datang lagi untuk membeli produk kita. Jangan lambat merespon permintaan konsumen. Jagalah kepercayaan konsumen.

5) PERMUDAH PENJUALAN
Permudah cara pemesanan pembelian, misalnya dengan telpon, SMS, BBM, dll. Berikan layanan antar barang.

6) BERIKAN LEBIH
Konsumen tentu akan merasa senang jika diberi lebih. Misalnya, jika konsumen membeli dalam jumlah tertentu, berikan bonus. 100 pembeli pertama diberi bonus.

7) JUAL KE ORANG YANG TEPAT
Kita menjual produk ke orang yang tepat. Maksudnya, produk untuk segmen pasar menengah atas atau menengah bawah.

8) PROMOSIKAN
Hal yang satu ini jangan dilupakan! Lakukan promosi secara konsisten di berbagai media online/offline, agar konsumen tahu produk kita.

9) BERIKAN DISKON
Program diskon biasanya cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan, namun harus dengan strategi yang tepat agar tidak merusak citra produk kita.

10) BANGUN MEREK
Merek adalah senjata ampuh untuk mendongkrak penjualan dalam jangka panjang. Makin banyak orang tahu dan makin terkenal mereknya, tentu akan membantu penjualan kita

11) BANGUN TIM
Sukses tidak dapat diraih sendirian, jika ingin sukses dalam bisnis, bangunlah tim yang memang fokus untuk memonitor kinerja penjualan.

12) EVALUASI
Lakukanlah evaluasi secara periodik. Ukurlah hasil dari perencanaan dan strategi penjualan yang sudah kita lakukan, sehingga kita bisa tahu mana yang efektif mana yang tidak berjalan sesuai rencana.

Baca: TAHAPAN PELANGGAN





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan