Selasa, 15 Oktober 2013

PERENCANAAN DALAM BISNIS





Sebelum kita memulai sebuah bisnis, ada satu tahap yang disebut dengan perencanaan bisnis, dan ini sangat luas dan bervariasi, tergantung dari skala ataupun jenis bisnis yang akan kita jalankan.

Di bawah ini saya uraikan secara singkat mengenai perencanaan bisnis (business plan) tersebut:

1. Visi & Misi Perusahaan
Langkah mendasar yang harus dilakukan dalam merencakan sebuah bisnis adalah menentukan visi & misi perusahaan. Visi dapat diartikan sebagai suatu pandangan atau wawasan ke depan. Misi adalah tugas yang harus dijalankan. Berdasarkan visi & misi yang telah ditentukan itulah model perusahaan akan dijalankan.

2. Analisa SWOT
Langkah berikutnya yang perlu dilakukan dalam perencanaan bisnis, adalah melakukan analisa SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman), sehingga pada saat menjalankan bisnis kita tahu apa yang menjadi kebutuhan konsumen, persaingan pasar, pesaing dan ancaman dari bisnis kita.

3. Cari dan Tentukan Ide Bisnis
Cari ide bisnis dari berbagai sumber (buku, koran, majalah, internet, seminar, dll.), buatkan daftarnya dan kemudian pilih salah satu ide bisnis yang paling prospek yang akan dijalankan. 

4. Strategi Bisnis
Setelah menemukan ide, selanjutnya buat perencanaan yang matang dan tentukan strategi bisnis yang akan kita jalankan. Ini penting, kita tidak menjalankan bisnis hanya asal action saja.

5. Target Pasar
Tentukan target pasarnya, calon konsumen yang nantinya akan kita raih. Target market kita buat berdasarkan kelas ekonomi, status sosial, gender, dll. Hal ini nantinya akan sangat berpengaruh terhadap penjualan.

6. Produk
Tentukan barang/jasa yang akan kita jual: bentuk kemasan, model layanannya, dll. Fokuslah pada kualitas dan buatlah produk yang memiliki kelebihan dibanding produk yang ada dipasaran serta produk yang dibutuhkan oleh masyarakat luas.

7. Perencanaan Marketing  dan Promosi
Tentukan model marketing dan cara promosi untuk produk kita. Misalnya via brosur, koran, majalah, radio, social media, website, media online,  pameran, bazaar, dll. Lakukan aktifitas promosi ini secara konsisten.

8. Analisa Kompetitor
Cari tahu siapa kompetitor yang ada dipasaran, pelajari dengan seksama apa yang dilakukan oleh mereka, lalu buatlah strategi untuk produk kita.

9. Penentuan Harga
Tentukan harga dengan baik. Cek dengan target market yang akan kita raih, cek dengan kompetitor dan cek dengan target keuntungan yang mau kita peroleh.

10. Saluran Distribusi
Tentukan saluran/model distribusi untuk barang/jasa yang akan kita jual. Apakah akan dijual di toko sendiri, oleh orang lain, melalui online shop dan reseller, dll.

11. Perencanaan Keuangan
Buatlah perencanaan keuangan yang baik dan benar, sehingga tidak menghambat terhadap pengembangan bisnis yang akan kita lakukan.

12. Timeline
Tentukan kapan bisnis itu akan dimulai. Buatlah action plannya dan lakukan monitoring persiapannya, agar bisnis bisa berjalan sesuai dengan rencana.






Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan