Sabtu, 19 Oktober 2013

PENYEBAB UTAMA BISNIS TIDAK BERKEMBANG?




Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan bisnis tidak berkembang:

1) Asal Action
Asal action, tidak ada perencanaan yang baik, tanpa strategi umumnya menjadi salah satu penyebab bisnis tidak bisa berkembang. Action memang penting, namun harus dilakukan dengan perencanaan yang baik dan strategi yang tepat.

2) Melewatkan Kesempatan
Karena menjalankan bisnisnya asal-asalan, tanpa perencanaan dan strategi, memungkinkan banyak kesempatan dan peluang yang terlewatkan.

3) Tidak Fokus
Tidak fokus dalam menjalankan bisnis adalah salah satu penyebab bisnis yang sedang kita kerjakan tidak berkembang. Baru pemula, tapi inginnya mengerjakan banyak bisnis, jadinya tidak fokus, hasilnya tidak maksimal.

4) Tidak Ada Inovasi
Bisnis yang lamban berkembang adalah bisnis yang tidak ada inovasi, hanya begitu-begitu saja, tidak ada sesuatu yang baru, hanya ikut-ikutan tanpa ada perbaikan bisnis. Bisnis yang tidak melakukan inovasi adalah bisnis yang jalan ditempat. Inovasi bisa berupa inovasi produk, misalnya ada varian baru, ada rasa baru, ada paket baru. Inovasi lainnya bisa dalam hal pelayanan yang makin baik, inovasi berpromosi ke konsumen.

5) Tidak Menyukai Pekerjaannya
Banyak yang menjalankan bisnis tidak berdasar rasa senang atau rasa suka. Mereka menjalankan usaha karena terpaksa. Menganggap bisnis kita hanya sebagai sampingan. Menganggap bisnis kita hanya untuk mencari uang tambahan, jadinya kita menjalankan bisnis secara tidak serius dan tidak total dalam menjalankannya.

6) Tidak Ada Tim
Bisnis yang berkembang menjadi besar salah satunya karena memiliki tim. Pada dasarnya kita tidak bisa mengerjakan segala sesuatu sendiri. Bangunlah tim yang solid, bisa dipercaya dan mau bekerja bersama.

7) Kelola Keuangan
Dalam bisnis, mengatur keuangan sangatlah penting. Mengelola uang masuk dan keluar serta memisahkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi adalah hal mutlak, sehingga bisa mengukur perkembangan bisnisnya dengan jelas.

8) Tidak Belajar Marketing
Banyak pebisnis hanya asal dalam jualan, tidak ada strategi. Padahal salah satu hal penting dalam bisnis adalah strategi pemasaran (marketing), sehingga produk kita sulit laku dipasaran. Sebagai pebisnis kita perlu belajar tentang hal-hal yang penting untuk perkembangan bisnis. Misalnya: strategi marketing, mengelola keuangan, mengelola tim bisnis dan sebagainya.

9) Tidak Ada Target
Bisnis kita akan lambat untuk maju dan berkembang jika kita menjalankan bisnisnya tanpa target yang jelas. Misalnya target omset, target profit.

10) Tidak Ada Evaluasi
Salah satu penyebab bisnis tidak berkembang adalah pebisnis tidak pernah melakukan evaluasi. Evaluasi sangat penting untuk mengecek perencanaan dan strategi yang kita pakai berjalan efektif atau tidak.

Baca: STRATEGI MENINGKATKAN PENJUALAN





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan