Selasa, 15 Oktober 2013

KENDALA BAGI PEBISNIS PEMULA





Pebisnis pemula biasanya menemui beberapa kendala dalam mengembangkan bisnisnya. Beberapa kendala itu mulai dari urusan modal, sumber daya manusia, strategi pemasaran, dan sebagainya...
Dengan mengetahui kendalanya sejak awal, diharapkan pebisnis pemula dapat mengatasi berbagai kendala itu. Beberapa hal berikut ini yang umumnya dihadapi oleh para pebisnis pemula:

1. Modal
Seorang yang berjiwa enterpreneur selalu membuat perencanaan modal yang baik dan mempunyai target yang jelas. Dengan perencanaan modal yang kuat, para pebisnis bisa terus memutarkan modal untuk mengembangkan bisnisnya.

2. Sumber Daya Manusia
Seorang enterpreneur membutuhkan tim kerja dan spesialisasi untuk mengembangkan perusahaannya. Untuk itu, seorang enterpreneur harus terus berinvestasi pada manusia untuk membesarkan perusahaannya.

3. Sistem Manajemen
Banyak pebisnis pemula yang menjalankan bisnisnya tanpa sistem manajemen yang baik. Kebanyakan kegagalan pebisnis adalah karena bisnisnya dijalankan dengan cara yang tidak sitematis, asal-asalan.

4. Analisa SWOT
Setiap pebisnis atau calon pebisnis harus melakukan analisa SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) dan terus mengawasi para pesaingnya. Penyusunan rencana dalam pengembangan bisnis sangat penting bila kompetisi terus terjadi.

5. Segmentasi Pasar
Pelanggan adalah raja. Untuk itu, seorang enterpreneur harus menentukan siapa yang menjadi prioritas atas produk yang dijual. Penentuan segmentasi ini untuk mengetahui karakteristik pelanggan.

6. Pengembangan Produk
Banyak pebisnis pemula salah dalam menentukan bisnis yang akan diterjuni. Kegagalan mereka adalah membuat produk yang tidak dibutuhkan oleh masyarakat. Seharusnya membuat produk "demand driven", yaitu produk-produk yang dibutuhkan masyarakat.

7. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh seorang pebisnis. Model pemasaran yang akan dilakukan akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnisnya.

8. Penentuan Harga
Penentuan harga merupakan hal yang paling sulit ditentukan oleh seorang yang baru terjun ke dalam dunia bisnis. Harga yang telah ditentukan harus dapat berubah menyesuaikan situasi dan kondisi perekonomian, atau berinovasi dengan menciptakan produk baru yang terjangkau.

9. Tahapan Penjualan
Seorang pebisnis pemula harus memperhatikan tahapan penjualan produknya, apakah tahan lama atau tidak. Seorang Enterpreneur juga harus memperhatikan lamanya suatu produk di pasaran dengan terus berinovasi dan berimprovisasi untuk mengeluarkan produk-produk baru.

10. Eksekusi
Eksekusi suatu produk merupakan hal yang sulit. Seorang pebisnis harus taat pada jadwal yang telah ditentukan. Selain itu, produk yang akan dieksekusi memang sudah terbukti dibutuhkan dan orang yang menjadi sasaran produknya dapat menggunakannya dengan baik.






Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan