Senin, 21 Oktober 2013

ALASAN ORANG TIDAK BERBISNIS?





"Jika Anda tidak sanggup menghadapi risiko gagal atau ditolak, jangan iri pada mereka yang hidup lebih enak. Mereka berkorban dan berjuang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan."
(Paul Getty)


Berikut ini beberapa alasan yang mendasari orang tidak mau menjalankan bisnis:

1) TIDAK PUNYA IMPIAN

"Apa impian atau yang ingin Anda raih dalam 5 tahun ke depan?" Pertanyaan itu selalu penulis tanyakan kepada orang yang melamar pekerjaan atau minat mengikuti training bisnis. Sebagian besar dari mereka ternyata tidak mampu memberikan jawaban atas pertanyaan itu. Sebagian lagi, mereka menjawab dengan "sembarangan".
Bagi yang menjawab sembarangan, penulis lanjutkan dengan pertanyaan berikutnya: "Bagaimana cara Anda untuk meraih impian itu?"
Nahh..., pertanyaan kedua ini hampir pasti tidak dapat dijawab oleh mereka yang menjawab pertanyaan pertama secara ngawur.
Tidak punya impian adalah salah satu penyebab orang tidak mau menjalankan bisnis.
Baca: ANDA MAU KEHIDUPAN YANG LABIH BAIK? 

2) TIDAK PUNYA MODAL

Tidak punya modal merupakan alasan klasik dari orang yang tidak mau berbisnis. Dalam memulai sebuah bisnis, uang bukanlah modal utama. Dibutuhkan modal lain yang tidak terlihat untuk menjadi seorang pebisnis. Untuk jadi seorang pebisnis Anda harus mempunyai keyakinan, percaya diri, kemauan, tekad yang bulat, keberanian mengambil peluang, dan daya tahan untuk menghadapi berbagai kemungkinan munculnya masalah di depan.
Baca: CARA MEMULAI BISNIS TANPA MODAL 

3) TIDAK PUNYA PENGALAMAN

Tidak punya pengalaman sering dilontarkan orang sebagai alasan tidak berbisnis. Padahal, memulai bisnis dapat menjadi sebuah peluang bagi Anda untuk menghasilkan uang yang lebih banyak. Memang tidak dapat dipungkiri, bahwa berbisnis terdengar sangat mengiurkan, menjadi bos untuk diri sendiri, waktu kerja fleksibel, dan keuntungan yang didapat apabila bisnis tersebut sukses tergolong besar. Akan tetapi, risiko yang dihadapi jadi jauh lebih besar dibanding menjadi karyawan.
Baca: TRAINING BISNIS UNTUK ANDA 

4) TIDAK PUNYA WAKTU

Tidak ada waktu untuk mulai menjalankan sebuah bisnis adalah salah satu alasan orang tidak berbisnis. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu berjam-jam setiap harinya di depan televisi atau nonton video? Padahal, Anda bisa memanfaatkan waktu luang tersebut dengan kegiatan yang bisa menghasilkan uang.
Baca: ANDA DIMANA DAN AKAN KEMANA? 

5) TIDAK PUNYA IDE

Tidak punya ide juga merupakan alasan yang biasanya dilontarkan oleh orang yang tidak mau menjalankan bisnis. Orang-orang yang malas, pada umumnya memang tidak mau belajar. Mereka kurang inisiatif dan kreativitas dalam berpikir. Dan hampir dipastikan, mereka tidak pernah melakukan action untuk merubah kehidupannya menjadi lebih baik.
Baca: IDE BISNIS UNTUK ANDA 

6) TAKUT GAGAL

Takut gagal, salah satu alasan orang tidak berbisbis. Untuk membangun sebuah bisnis hingga sukses memang tidaklah mudah, hambatan, tantangan dan risiko kegagalan hampir selalu membayangi setiap pebisnis pemula. Untuk itu, sebaiknya kita harus selalu berpikiran positif terhadap hambatan dan kegagalan yang mungkin akan terjadi, karena dalam setiap kesulitan akan ada kemudahan jika kita mau bekerja keras.
Baca: BAGAIMANA MENGATASI KEGAGALAN?
7) ZONA AMAN
Bagi Anda yang saat ini seorang karyawan, dan merasa aman di zona itu, maka ada dua kemungkinan kelak: Anda berhenti kerja karena pensiun atau Anda diberhentikan karena PHK. Sesungguhnya, ada satu lagi pilihan, Anda sebagai karyawan yang merasa bahwa itu bukanlah zona aman apalagi zona mapan, yaitu: Anda berhenti karena berbisnis!
Baca: BERBISNISLAH!






Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan