Rabu, 31 Juli 2013

SOFT SKILL vs HARD SKILL




Apa itu SOFT SKILL dan HARD SKILL?

Agar lebih mudah untuk menjelaskan perbedaan pengertian antara SOFT SKILL dengan HARD SKILL, secara sederhana dapat
saya gambarkan dalam analogi seorang atlit sepak bola yang mempunyai kecepatan berlari, kekuatan menendang bola, keahlian dalam menggiring bola, mengoper dan merebut bola, serta kemampuan untuk menghindar dari serangan lawan dalam menghambat bola, inilah yang disebut dengan HARD SKILL.

Sedangkan SOFT SKILL-nya adalah kemampuan atlit sepak bola tersebut dalam melakukan kerja sama dengan rekan satu tim, bentuk dan cara berkomunikasi dengan tim, kegigihan dalam bertanding, keberanian dalam mengambil keputusan, inisiatif untuk menyerang atau bertahan, kreativitas dalam melihat situasi tim lawan, dan memperhatikan kondisi lapangan serta lain sebagainya.




Pengertian HARD SKILL dan SOFT SKILL

Kemampuan hard skill dan soft skill harus dimiliki oleh setiap orang, apapun pekerjaan dan jabatannya, baik profesional maupun karyawan, karena kemampuan tersebut satu sama lain saling mendukung dan menyempurnakan.

Apabila Anda cukup pandai, adalah mudah untuk mempelajari kemampuan teknis (technical skills-HARD SKILLS) untuk berhasil dalam pekerjaan. Tetapi bila Anda berkeinginan untuk meningkatkan karier, maka Anda membutuhkan kemampuan lain, yakni SOFT SKILLS.



Di banyak tempat kerja, sayangnya sering saya melihat bahwa seorang yang dipromosikan pada jabatan atau posisi sebagai leader tanpa dibekali oleh kemampuan soft skills yang memadai, sehingga tidak efektif bahkan gagal.

Pengertian hard skill bila disederhanakan adalah penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan ketrampilan teknis yang berhubungan dengan ilmunya, dan ini dapat dikembangkan dan dipelajari dengan membaca, kursus, dan latihan.
Sedangkan pengertian soft skill adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (INTERPERSONAL SKILLS) dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (INTRA-PERSONAL SKILLS) yang mampu mengembangkan sumber daya yang ada dalam dirinya secara maksimal, yang mana hal ini dapat dipelajari dari pengalaman hidup, sosialisasi, kemampuan beradaptasi, dan agama atau norma yang diyakininya. Termasuk dalam pengertian soft skill yaitu interpersonal skills yang mencakup kemampuan-kemampuan kepemimpinan, memotivasi, komunikasi, negosiasi, presentasi, kepiawaian bicara di forum, kerjasama tim, membangun relasi, empati dan lain sebagainya. Yang juga termasuk dalam pengertian soft skill yaitu intra-personal skills mencakup membangun karakter diri, kemampuan membagi waktu, menghadapi stres, proses berpikir kreatif, pencapaian target, perubahan diri semakin positif, integritas, profesionalisme, optimisme, percaya diri dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, hard skill menyangkut IQ (IQ atau Intelegent Quotient adalah score/nilai yang menunjukkan tingkat kecerdasan seseorang berdasarkan perbandingan dengan sesamanya dalam satu populasi. Cara mengetahui tingkat IQ seseorang biasanya dilakukan melalui Psikotest yang terdiri dari berbagai metode), sedangkan soft skill berhubungan dengan EQ (Menurut Daniel Goleman, EQ atau Emotional Intelligence: orang yang mempunyai IQ tinggi tapi EQ rendah cenderung mengalami kegagalan yang lebih besar dibanding dengan orang yang IQ-nya rata-rata tetapi EQ-nya tinggi, artinya bahwa penggunaan EQ atau olahrasa justru menjadi hal yang sangat penting, dimana menurut Goleman dalam dunia kerja, yang berperan dalam kesuksesan karir seseorang adalah 85% EQ dan 15% IQ. Jadi, peran EQ sangat signifikan).



Tingkat keberhasilan seseorang dalam karir atau bisnis maupun kehidupan kesehariannya lebih dominan dipengaruhi oleh SOFT SKILL-nya.

Baca: LEBIH JAUH TENTANG SOFT SKILLS



Setiap profesi dituntut mempunyai hard skill yang khusus, NAMUN soft skills merupakan kemampuan yang WAJIB dimiliki di setiap profesi.
Sudahkah Anda melatih dan mengembangkan soft skill Anda?






Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan