Jumat, 05 April 2013

TIPS MEMULAI BISNIS ONLINE




Saat ini e-commerce telah jadi tren dalam dunia bisnis. Internet membuat berbisnis lebih mudah. Tak ayal, barang orang yang mencoba berbisnis online, mulai dari skala kecil hingga yang bermodal tebal.
Tentunya, perlu strategi khusus agar bisnis online Anda sukses. Berikut empat hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis online:
Situs
Anda tidak dapat memiliki bisnis e-commerce tanpa situs. Anda perlu berpikir tentang nama domain dan membangun situs yang menggambarkan bisnis Anda. Ingatlah bahwa ini akan menjadi wajah dari bisnis Anda, jadi jangan pergi untuk pilihan yang paling mudah atau paling murah. Pikirkan untuk jangka panjang dan mencoba untuk tidak membabi buta mengikuti apa yang dilakukan pesaing anda.
Tampil beda
Jika Anda memperhatikan beberapa bisnis yang paling sukses diluar sana, Anda akan menyadari bahwa masing-masing di antara mereka berhasil masuk ke dalam sebuah ceruk pasar yang belum dijelajahi orang lain.
Memasukkan sentuhan-sentuhan pada produk atau layanan yang sudah tersedia juga akan mendatangkan keajaiban. Lihat saja bagaimana cara Facebook dan Twitter yang telah mengubah cara kita menggunakan jejaring sosial.
Rencana bisnis
Bisnis yang sukses dimulai dengan rencana. Anda perlu mengumpulkan semua informasi, ide, dan rencana dalam satu dokumen untuk membantu mengelola bisnis Anda. Tanpa strategi yang baik bisa sulit untuk tetap berada di jalur yang benar.
Pemasaran
Anda harus memastikan bahwa pelanggan potensial tahu tentang bisnis Anda. Pemasaran sangatlah penting. Untunglah internet memberikan Anda begitu banyak pilihan dalam hal periklanan serta pemasaran sosial yang bisa Anda terapkan. Volume penjualan pada akhirnya yang akan memberitahu Anda apakah apa yang sedang Anda lakukan berhasil atau tidak.




Beberapa tips yang mudah di jalankan untuk memulai bisnis online atau membuka toko online, yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menjalankan usaha toko online seperti dilansir dari Vibiznews.com:
1. Seperti halnya membuka toko offline, toko online juga membutuhkan tempat yang strategis untuk memasarkan produknya.
2. Dalam menjalankan toko online, buatlah desain website atau blog yang digunakan sebagai tempat berjualan semenarik mungkin. Sehingga para konsumen merasa senang dan nyaman dengan tempat usaha anda, seperti mereka masuk ke dalam toko offline yang display tempatnya menarik, rapi, dan memberikan kenyamanan pada konsumen.
3. Walapun toko online tidak melayani konsumen dengan bertatap muka langsung, namun pelayanan yang diberikan tetap sama? Bertujuan memberikan kepuasan terhadap konsumennya. Salah satu caranya dengan menyediakan fasilitas pelayanan chating online ataupun layanan call center.
4. Untuk pelayanan pembayaran, sediakan fasilitas pembayaran dengan mencantumkan nomor rekening bank yang memiliki jaringan luas atau yang memiliki nasabah banyak. Karena konsumen akan lebih senang jika melakukan pembayaran melalui rekening bank.
5. Lakukan promosi untuk toko online Anda, gunakan SEO untuk membantu meningkatkan kunjungan pada website toko online Anda. Selain itu Anda juga bisa memasang iklan baris ataupun iklan baner pada situs-situs yang telah memiliki banyak pengunjung (Baik iklan gratis maupun berbayar).

6. Lakukan sekarang. Jangan berkata nanti, sebentar untuk bisnis online Anda. Kesempatan tidak datang dua kali. Ambil kesempatan sekarang dan jangan pernah menunda tindakan Anda.

Baca: TEKNIK MEMBANGUN MEREK VIA ONLINE






Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan