Sabtu, 12 Januari 2013

BAGAIMANA SUKSES DENGAN ATM?




Tidak ada keraguan bahwa semua orang ingin berhasil dalam hidup. Masalahnya, tentu saja, adalah bagaimana. Walaupun ada pendekatan yang berbeda untuk menjawab pertanyaan ini, namun khusus di artikel kali ini saya ingin menekankan satu prinsip: Sebisa mungkin, Anda harus menghindari hal-hal belajar sendiri dengan cara yang sulit.


Setidaknya ada tiga alasan untuk itu:

    1.      Dibutuhkan banyak waktu. Belajar sendiri hal-hal dengan cara yang sulit akan memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun dan seringkali tidak membuahkan hasil. Itu adalah harga yang mahal untuk dibayar. Bukankah lebih baik jika Anda bisa menggunakan waktu tersebut dengan cara yang lebih bermanfaat?

    2.    Menguras mental. Kegagalan adalah guru yang baik, tetapi juga dapat membuat Anda menjadi sengsara.

    3.     Menghabiskan sumber daya Anda. Usaha yang tidak menghasilkan mungkin tidak hanya membuang waktu Anda, tetapi juga sumber daya lainnya, seperti uang.


Ini bukan berarti menghindari kegagalan dengan segala cara. Melakukan hal tersebut hanya akan membuat Anda menjadi terlalu berhati-hati untuk mengambil tindakan. Sebaliknya, tindakan yang dimaksud adalah Anda harus terus berani mengambil resiko sambil meminimalkan kemungkinan kegagalan.

Untuk itu, saya percaya bahwa sangat penting untuk Anda belajar dari pengalaman orang lain. Banyak orang tidak cukup serius melakukan cara ini karena dua alasan:

    1.      Mereka pikir mereka sudah mengetahui apa yang diperlukan untuk sukses. Oleh karena itu, mereka tidak berpikir perlu untuk belajar dari orang lain, atau mereka melakukannya hanya setengah hati. Itu berbahaya, karena bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun upaya yang sia-sia sebelum mereka menyadari kesalahan mereka.

    2.    Belajar dari orang lain membutuhkan waktu. Sebagai contoh, Anda mungkin perlu untuk meluangkan waktu untuk membaca buku. Namun waktu itu sendiri adalah investasi yang sangat bernilai. Hal ini dapat menyelamatkan Anda dari banyak waktu yang terbuang di kemudian hari.


Belajar dari orang lain harus menjadi prioritas Anda. Namun jangan membuat belajar menjadi alasan untuk tidak mengambil tindakan. Apa yang harus Anda lakukan adalah belajar secukupnya, mulai mengambil tindakan, dan kemudian terus belajar di mana saja.

Sekarang kita telah mengetahui betapa pentingnya, berikut adalah tiga cara untuk belajar dari orang lain:


1. Membaca

Membaca memungkinkan Anda untuk belajar dari banyak orang hebat. Anda memang memiliki akses pribadi yang terbatas kepada mereka, tetapi Anda memiliki akses hampir tak terbatas untuk pengalaman mereka melalui buku-buku.

Jika Anda berpikir Anda terlalu sibuk untuk membaca, coba renungkan apa yang pernah dikatakan Jenderal James Mattis kepada sesama perwira militer:

“Jika Anda merasa terlalu sibuk untuk membaca, maka masalahnya adalah Anda belajar dari pengalaman Anda sendiri (atau anggota tim Anda) dengan cara yang sulit. Dengan membaca, Anda belajar melalui pengalaman orang lain, umumnya cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu hal, khususnya dalam bidang pekerjaan kami di mana konsekuensi dari ketidakmampuan adalah fatal dan mutlak dicamkan bagi para laki-laki muda.
Kita telah berjuang di planet ini selama 5000 tahun dan kita harus mengambil keuntungan dari pengalaman mereka. Mengisi kantong mayat dan menerbangkannya mengingatkan kita pesan moral akan harga dari ketidakmampuan dalam profesi kami.”

Anda mungkin tidak berada di militer, tapi saya percaya prinsip yang sama berlaku: membacar adalah jalan pintas dari belajar sendiri hal-hal dengan cara yang sulit.


2. Mendengarkan audio

Sama seperti membaca buku, mendengarkan audio memungkinkan Anda untuk mengkonsumsi informasi. Hal baiknya adalah bahwa Anda bisa melakukannya sambil melakukan kegiatan lain. Misalnya, Anda dapat mendengarkan podcast saat bekerja atau melakukan tugas-tugas. Dengan cara ini, Anda dapat belajar tanpa mengambil waktu ekstra. Ini adalah cara yang baik untuk memaksimalkan waktu Anda.


3. Mencari mentor

Menemukan mentor yang baik tidaklah mudah, namun jika bisa menemukan mereka adalah laksana emas. Berbeda dengan metode sebelumnya, Anda dapat berinteraksi dengan mentor Anda. Mereka kemudian dapat memberikan saran khusus untuk situasi Anda.


Terakhir, apapun metode yang Anda gunakan untuk belajar dari orang lain, ada satu hal yang harus diperhatikan: menuliskan pelajaran-pelajaran yang Anda dapat, karena ini akan membantu mengingatkan Anda agar tetap berada pada jalur.


Baca: HINDARI KEBIASAAN INI...





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w