Minggu, 16 Oktober 2011

TIPS BEBAS DARI STRESS SAAT MASALAH DATANG




KITA TIDAK BISA MENOLAK MASALAH,
KITA HANYA BISA MENGENDALIKANNYA DAN MENGELOLANYA DENGAN BIJAK.

1) PUTUSKAN UNTUK PERCAYA
Salah satu resep terbaik untuk menghadapi rasa takut dan depresi adalah dengan mengatakan, "Ya Allah, aku memilih percaya kepada-MU."

2) BERTEKUNLAH
Menghindar hanya akan menambah kecemasan. Evaluasilah apa yang dapat Anda lakukan dan kerjakanlah itu. Janganlah terperangkap dalam pendekatan, "Segalanya atau tidak sama sekali."

3) LEPASKANLAH
Kalau kewalahan, mundurlah untuk sesaat, berilah waktu kepada diri sendiri dan berhentilah berusaha terlalu keras. Segalanya tidaklah harus "dituntaskan" hari ini juga.

4) JANGANLAH JADI ORANG "TIPE SERBA BISA"
Tak ada manusia yang dirancang untuk menjadi "segalanya bagi semua orang" hanya Allah sajalah yang dapat memenuhi uraian tugas itu, jadi tidak perlu stress kalau tidak semua hal bisa Anda kerjakan.

5) ALIHKANLAH FOKUS ANDA
Mengalihkan perhatian bisa memberikan istirahat terhadap otak Anda, terhadap pemecahan masalah serta beban yang menekan hidup Anda. Untuk sesaat carilah hal yang menarik minat Anda. Jika otak Anda bisa sejenak beristirahat, pemecahan masalah akan lebih efektif, dibandingkan terus terobsesi dengan masalah yang membuat Anda stres.

6) TERBUKALAH KEPADA ORANG LAIN
Dengan kita berbagi masalah kepada orang lain yang bisa dipercaya, maka paling tidak beban masalah kita akan sedikit berkurang daripada kita menanggungnya sendirian.

7) KEMBANGKAN KETERATURAN
Jangan biarkan hal-hal kecil menambah stres Anda. Anda bisa segera membenahi hal-hal di sekitar Anda agar teratur. Misalnya, Anda merapikan kamar yang semerawut dan membuatnya menjadi nyaman. Hal ini akan membuat pikiran kita terasa ikut nyaman.

8) LUANGKAN WAKTU UNTUK BEROLAHRAGA
Olahraga dipercayai sebagai salah satu hal yang bisa meredakan stres yang menekan hidup kita. Luangkan setiap hari selama 20 menit untuk berolahraga.

9) AMBILLAH WAKTU UNTUK BERSAAT TEDUH
Carilah tempat yang nyaman dan bisa membuat otak Anda untuk sejenak beristirahat. Dengarkanlah musik rohani yang mengalun dengan lembut, membuat hati Anda teduh serta merasa dekat dengan Tuhan. Berdoalah kepada Tuhan dan curahkanlah isi hati Anda kepada-NYA.

10) TUNTASKANLAH URUSAN YANG BELUM TUNTAS
Masalah-masalah kecil kadangkala menjadi pemicu stres dan menambah rasa depresi. Ada baiknya kita menyelesaikan masalah-masalah itu. Apabila Anda merasa dilukai dan dikecewakan seseorang, pilihlah untuk melepaskan pengampunan daripada memendam kemarahan.



Baca:  HIDUPLAH PENUH MAKNA





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan